Ndhank Gitaris STINKY Pindah Agama setelah Berdebat tentang Yesus

Ndhank Gitaris STINKY Pindah Agama setelah Berdebat tentang Yesus

Nasional | BuddyKu | Minggu, 7 Mei 2023 - 22:42
share

JAKARTA - Endang Surahman Hartono alias Ndhank dikenal sebagai gitaris band STINKY pada era 90-an. Setelah lama vakum dari layar kaca, dia kembali muncul dan menceritakan perjalanan spiritualnya berpindah agama dari Islam menjadi Kristen.

Dalam kesaksiannya yang dirilis channel YouTube Grace Watania Official , pada 2020, Ndhank mengaku, perkenalannya dengan agama Kristen bermula dari hubungannya dengan seorang perempuan yang kini menjadi istrinya.

Perjalanannya tidak mudah, karena banyak sekali pergolakan. Tapi perlu saya tegaskan bahwa keputusan menjadi Kristen bukan karena istri, kata sang gitaris dalam video tersebut.

Endang Surahman Hartono tak menampik, mengenal Yesus dan konsep Kekristenan dari sang istri yang kala itu masih berstatus pacarnya. Tak jarang, diskusi tentang Yesus di antara mereka justru berujung perdebatan.

Saya bilang ke pacar waktu itu, Saya tidak percaya dengan Tuhan yang kamu imani. Hingga sampai di satu titik, ada rasa penasaran dalam hati saya, ujarnya.

Ndhank Stinky pindah agama. (Foto: YouTube/Dhank Stinky Official)

Rasa penasaran itu, menurut Ndhank, diikuti dengan penglihatan yang didapatkannya melalui mimpi. Dalam mimpi tersebut, dia didekati puluhan anjing dari berbagai ras yang menjilati tangan dan tubuhnya.

Pada hari berikutnya, dia kembali bermimpi. Kali ini, dia melihat cahaya benderang dengan suara yang berkata, Akulah Tuhan, carilah aku. Setelah mendapatkan dua mimpi itu, dia merasakan kerinduan untuk lebih mengenal Yesus.

Setelah cukup lama berdebat dengan pacar tentang siapa Yesus, saya masih belum yakin dan ingin mempelajarinya lebih dalam. Alasan itu membuat saya mempelajari dua kitab sekaligus, Alquran dan Alkitab, ujar Ndhank.

Dalam proses itu, sang gitaris kemudian berkenalan dengan beberapa pendeta, termasuk Pendeta Edhie Sapto, yang menjadi mentornya untuk mengenal agama Kristen.

Saya dan mendiang Edhie punya latar belakang yang sama. Beliau membimbing saya sampai benar-benar mengerti perbedaan antara keyakinan saya yang lama dengan Kekristenan, ujarnya.

Dalam proses belajar tersebut, Endang kemudian diperhadapkan pada satu ayat yang membulatkan tekadnya untuk memeluk agama Kristen. Ayat itu adalah Yohanes 14:6 yang berbunyi: Akulah jalan, kebenaran, dan hidup. Tidak ada manusia yang datang kepada Bapa, tanpa melalui Aku .

Endang Surahman Hartono akhirnya memutuskan masuk Kristen dan menyerahkan dirinya untuk dibaptis pada 2011. Kini, dia lebih banyak menghabiskan waktunya untuk pelayanan di gereja dan mengikuti persekutuan doa.*

Topik Menarik