Kisah Menteri Pendidikan AS yang Jadi Kepala Sekolah SD di Usia 28 Tahun

Kisah Menteri Pendidikan AS yang Jadi Kepala Sekolah SD di Usia 28 Tahun

Nasional | BuddyKu | Jum'at, 5 Mei 2023 - 17:16
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pendidikan Amerika bernama Miguel Cardona ternyata memiliki kisah inspiratif sebelum menduduki jabatan yang tinggi. Dahulu, ia seorang guru SD dan menjadi kepala sekolah di usia 28 tahun.

Kisah tersebut dibagikan oleh Dirjen PAUD Dikdasmen, Iwan Syahril dalam akun Instagram resminya. Iwan mengaku pertemuan dengan Miguel terjadi di acara International Summit on the Teaching Profession (ISTP) di Washington DC, Amerika Serikat.

Di sana, ia mengaku sempat berdialog dengan Miguel. Ia juga berdiskusi tentang berbagai aspek kebijakan pendidikan, dan mengapresiasi atas dukungan AS dalam perhelatan G20 kemarin.

Iwan bahkan terkejut saat mengetahui bahwa Miguel dahulu adalah seorang guru SD di negara bagian Connecticut. Menurutnya, Connecticut adalah salah satu negara bagian yang memiliki sistem pendidikan terdepan di Amerika Serikat.

Lalu dia menjadi Kepala Sekolah pada usia 28 tahun. Usia yang sangat muda sekali ya! Ia menjalankan tugas sebagai kepala sekolah selama 10 tahun, tulis Iwan dikutip iNews.id, Jumat (5/5/2023).

Tak sampai di situ, kata Iwan, Miguel lalu menjadi profesor di Departemen of Educational Leadership di University of Connecticut. Kemudian, di tahun 2019 atau saat berusia 44 tahun ia dipercaya menjadi Commissioner of Education di Connecticut,

Tahun 2021 saat berusia 46 tahun, ia menjadi Menteri Pendidikan Amerika Serikat (di sini sebutnya Secretary of Education) dalam kabinet Presiden Joe Biden, ucap Iwan.

Wah, menarik ya kisah inspiratif dari Menteri Pendidikan AS!

Topik Menarik