NASA Berencana Bangun Stasiun di Bulan Seukuran Washington DC

NASA Berencana Bangun Stasiun di Bulan Seukuran Washington DC

Nasional | BuddyKu | Senin, 1 Mei 2023 - 19:45
share

IDXChannel - NASA, Lembaga Antariksa Amerika Serikat (AS) dilaporkan tertarik untuk membangun stasiun pengamatan luar angkasa di Bulan. Tak tanggung-tanggung, ukuran stasiunnya akan seluas Washington DC.


Mengutip dari Mashable, Senin (1/5/2023), stasiun pengamatan akan disertai dengan susunan antena yang luas. Selain itu juga bakal dibangun teleskop seluas 77 mil persegi yang mengular di atas permukaan bulan.


Teleskop radio yang disebut Observatorium FarView itu nantinya memungkinkan para astronom untuk melampaui batasan saat ini. Mereka bisa melihat apa yang tidak dapat dilihat oleh instrumen lain yang disebut "Abad Kegelapan" alam semesta.


"Saya secara pribadi telah mengadvokasi teleskop radio di bulan selama 40 tahun sekarang," kata Jack Burns, seorang profesor di Departemen Ilmu Astrofisika dan Planet di CU Boulder yang merupakan anggota proyek FarView.


"Ini akan menyelidiki bagian dari alam semesta yang belum bisa kita lihat sebelumnya," lanjutnya.


Untuk diketahui, teleskop radio sebenarnya memiliki banyak kesamaan dengan antena radio di mobil. Teleskop akan dilengkapi piringan raksasa yang mampu menangkap gelombang radio yang memancar melalui kosmos dari bintang yang meledak, membentuk bintang, lubang hitam, dan seterusnya.


Teleskop radio harus berukuran besar, karena gelombang radio dari alam semesta yang dalam merupakan sumber energi yang sangat lemah. Dan harus berada di liar Bumi untuk menghindari gangguan sinyal lainnya.


"Ini adalah sinyal yang sangat redup. Jumlah energi yang dikumpulkan dalam sejarah radio astronomi kurang dari energi yang dibutuhkan untuk melelehkan kepingan salju," Yvette Cendes, seorang astronom dan postdoctoral fellow di Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics.


"Emisi radio acak dari peradaban kita yang bising juga dapat mengganggu astronomi radio, menenggelamkan sinyal yang paling redup. Ini akan menyelidiki bagian dari alam semesta yang belum bisa kita lihat sebelumnya,", jelasnya.


Sayangnya ini semua masih merupakan gagasan semata, belum diketahui kapan NASA akan memulai proyek raksasa ini. Jadi, kita tunggu saja informasi terbarunya dalam beberapa waktu ke depan. ( RRD )

Original Source
Topik Menarik