Massa Buruh Mulai Bubar, Situasi Lalin Sekitar Tugu Tani Ramai Lancar

Massa Buruh Mulai Bubar, Situasi Lalin Sekitar Tugu Tani Ramai Lancar

Nasional | BuddyKu | Senin, 1 Mei 2023 - 18:30
share

JAKARTA - Massa buruh dari berbagai aliansi yang berunjuk rasa di sekitar Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, mulai membubarkan diri pada Senin (1/5/2023) sore. Diketahui kawasan sekitar Patung Kuda menjadi salah satu titik konsentrasi massa buruh memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day 2023.

Pantauan MNC Portal Indonesia di persimpangan Tugu Tani, Kebon Sirih, Jakarta Pusat dari arah Kramat Kwitang, Senen, dan Menteng Raya menuju Jalan M Ridwan Rais hingga Medan Merdeka Selatan terpantau ramai lancar. Begitupun arus lalin dari arah Medan Merdeka Timur menuju Kramat Kwitang, Senen maupun arah Menteng Raya terpantau ramai lancar.

Selanjutnya arus lalin dari arah Kebon Sirih menuju arah Kramat Kwitang, Senen maupun ke Medan Merdeka Timur terpantau ramai lancar. Hanya saja nampak antrean kendaraan baik roda dua maupun roda empat menjelang lampu merah di simpang Tugu Tani.

Sementara itu, arus lalin di Jalan Medan Merdeka Selatan atau tepatnya di depan Balai Kota DKI Jakarta terpantau ramai lancar tidak ada kemacetan baik menuju arah Budi Kemuliaan dan MH Thamrin maupun mengarah ke Gambir serta Tugu Tani.

Terlihat pula rombongan buruh yang menggunakan armada bus hingga elf yang terparkir di IRTI Monas mulai meninggalkan kawasan Monas. Selain itu nampak pula sejumlah unit mobil komando dengan atribut bendera masing-masing aliansi mulai meninggalkan kawasan Patung Kuda melintas di Jalan Medan Merdeka Selatan.

Sebagai informasi, Polres Jakarta Pusat akan melakukan pengalihan arus lalu lintas di sekitar Jalan Medan Merdeka Barat, Senin (1/5/2023). Pengalihan arus lalu lintas ini dilakukan terkait adanya aksi May Day yang dilakukan ribuan buruh hari ini.

Arus kendaraan di Jalan Merdeka Barat kami alihkan, termasuk Bundaran Patung Kuda, ungkap Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin saat dikonfirmasi.

Menurut Komarudin, kepolisian berencana menutup jalan menuju kawasan Patung Kuda mulai dari perempatan Tugu Tani. Kemudian setiap persimpangan menuju Jalan Merdeka Barat juga akan ditutup.

Komarudin mengimbau bagi para masyarakat untuk bisa menghindari area Bundaran Patung Kuda dan mencari jalur alternatif lainnya agar terhindar dari kemacetan.

Diimbau masyarakat bisa menghindari akses jalan ke Bundaran Patung Kuda dan sekitarnya agar tidak terkena kemacetan, ujarnya.

Diketahui sebanyak 4.216 personel gabungan dari TNI, Polri, maupun Satpol PP dikerahkan untuk mengamankan aksi unjuk rasa dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day di Jakarta.

Jajaran kepolisian menerjunkan sebanyak 3.318 personel. Kemudian dari unsur TNI mengerahkan sebanyak 690 anggota. Sedangkan, personel dari Pemprov DKI sejumlah 208 petugas. Ribuan petugas gabungan itu disebar di empat titik.

Topik Menarik