Belanda Legalkan Bunuh Diri untuk Anak-Anak, Elon Musk Ambil Sikap Tegas: Seharusnya...

Belanda Legalkan Bunuh Diri untuk Anak-Anak, Elon Musk Ambil Sikap Tegas: Seharusnya...

Nasional | BuddyKu | Kamis, 27 April 2023 - 12:41
share

Miliarder Elon Musk baru saja mengambil sikap terhadap salah satu subjek paling sensitif di zaman ini yaitu eutanasia atau bantuan bunuh diri untuk anak-anak yang sakit tanpa harapan sembuh. Menurutu Musk, ini tidak boleh dilegalkan seperti yang baru saja dilakukan Belanda.

Dia berpendapat bahwa anak-anak belum cukup umur untuk memberikan persetujuan mereka, dan keputusan orang tua mereka tidak dapat menggantikannya.

"Belanda melegalkan orang tua yang memudahkan kematian anak mereka yang sakit pada usia berapa pun," tulis pengguna di Twitter.

"Saya setuju dengan bantuan bunuh diri jika seseorang sudah dewasa," komentar miliarder itu, sebagaimana dikutip dari The Street di Jakarta, Kamis (27/4/23). "Tapi jelas bukan anak-anak. Ada alasan mengapa kami memiliki usia dewasa."

Tidak mengherankan, sebagian besar komentar memiliki pandangan yang sama dengan Musk, bahkan ada yang melihat bunuh diri dengan bantuan anak-anak yang sakit sebagai perpanjangan dari aborsi.

Di sisi berlawanan, pengguna yang berasal dari Belanda mengecam salah tafsir hukum oleh kaum konservatif Amerika, termasuk Musk.

"Serahkan pada media konservatif Amerika untuk salah mengartikan undang-undang kematian kami yang dibantu di Belanda," kecam salah satu pengguna Twitter. "Ini adalah genre berulang yang populer!"

Pemerintah Belanda mengumumkan pada 14 April bahwa eutanasia untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun "menderita penyakit atau gangguan yang sangat serius sehingga kematian tidak dapat dihindari dan [...] diharapkan di masa mendatang" sekarang akan dimungkinkan.

Menteri Kesehatan Belanda, Ernst Kuipers mengatakan bahwa itumenjadi satu-satunya alternatif yang masuk akal bagi seorang dokter untuk mengakhiri penderitaan anak yang putus asa dan tak tertahankan.

Menurut pemerintah setempat, "kelompok kecil" yang terdiri dari "lima hingga sepuluh anak" per tahun akan terkena dampaknya.

Euthanasia sudah legal untuk anak di bawah umur di atas usia dua belas yang dapat memberikan persetujuan mereka serta untuk bayi di bawah usia satu tahun dengan persetujuan orang tua.

Pemerintah Belanda mengindikasikan bahwa evaluasi ulang peraturan baru akan dilakukan beberapa tahun dari sekarang.

Topik Menarik