Ilmuwan Pastikan Gempa Bumi Turki dan Suriah Tak Terkait HAARP

Ilmuwan Pastikan Gempa Bumi Turki dan Suriah Tak Terkait HAARP

Nasional | BuddyKu | Senin, 20 Februari 2023 - 21:10
share

KAIRO Ilmuwan dunia membantah klaim tragedi gempa bumi yang melanda tenggara Turki dan Suriah akibat aktivitas stasiun penelitian Amerika Serikat (AS), High Frequency Active Auroral Research Program (HAARP).

Nyatanya, teori konspirasi ini menjadi viral di media sosial selain memancing kemarahan banyak orang.

SCMP pada Senin (20/2/2023) melaporkan bahwa HAARP dioperasikan oleh angkatan udara dan angkatan laut AS sebelum diserahkan pada tahun 2015 ke University of Alaska Fairbanks.

Para ilmuwan dikatakan selama bertahun-tahun membantah klaim bahwa fasilitas Alaska yang didukung AS itu untuk tujuan senjata.

Ada pihak yang mengklaim bahwa tindakan menciptakan gempa tersebut adalah untuk menghukum Turki karena menentang masuknya negara anggota baru (Swedia) ke dalam Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Pada tanggal 6 Februari, terjadi kilatan cahaya sebelum terjadi gempa bumi di tenggara Turki dan Suriah yang diklaim sebagai bukti bahwa itu dihasilkan secara artifisial oleh HAARP.

Profesor fisika di Harvard School of Engineering and Applied Sciences, David Keith mengatakan, tuduhan ini sangat gila. Katanya, ini seperti mengasosiasikan gempa bumi dengan tokoh kartun Walt Disney, Bugs Bunny, yang menggali tanah untuk mendapatkan wortel.

"Tidak ada mekanisme yang diketahui untuk melakukan sesuatu dari jarak jauh seperti HAARP untuk mempengaruhi gempa bumi," katanya.

HAARP mengirimkan gelombang radio untuk memanaskan elektron di ionosfer, lapisan atas atmosfer bumi untuk mempelajari pengaruhnya terhadap sistem komunikasi.

Ombaknya tidak cukup besar untuk mencapai Turkiye dan gempa bumi terjadi akibat pergerakan kerak bumi.

Profesor Fisika Lingkungan Luar Angkasa University of Reading, Michael Lockwood, mengatakan klaim HAARP yang digunakan sebagai senjata mungkin berasal dari program yang awalnya menggunakan gelombang radio untuk berkomunikasi dengan kapal selam.

Namun, kata dia, fungsi tersebut menjadi usang dan tidak lagi digunakan setelah Perang Dingin.

"Membangkitkan gempa adalah salah satu yang belum pernah saya dengar sebelumnya," kata Lockwood.

Banyak juga yang melaporkan di media sosial yang mengklaim bahwa HAARP digunakan untuk menciptakan badai dan gelombang panas.

Baru-baru ini, ada klaim bahwa tujuan HAARP adalah menciptakan perubahan iklim sehingga otoritas mana pun dapat membatasi aktivitas manusia, perang, atau mengurangi populasi.

Pemancar HAARP dapat mengirimkan gelombang radio dari jarak 80 kilometer (km) hingga lebih dari 500 km di atas permukaan bumi, terlalu tinggi untuk sinyal tersebut mempengaruhi cuaca atau iklim.

Ahli meteorologi di Survei Antartika Inggris, Ella Gilbert, mengatakan gagasan bahwa teknologi dapat menyebabkan peristiwa ekstrem adalah tidak masuk akal.

"Secara teknis sangat sulit untuk mempengaruhi sistem yang besar, kompleks dan kacau seperti cuaca," kata Gilbert.

Sementara itu, Profesor Ilmu Bumi dan Atmosfer di Universitas Cornell, David Hysell, mengatakan, HAARP tidak seberbahaya stasiun listrik atau radio lainnya.

(wbs)

Topik Menarik