Turki Jadi Sorotan Saat Ribuan Orang Kurdi Hadiri Pemakaman Korban Insiden Penembakan Paris

Turki Jadi Sorotan Saat Ribuan Orang Kurdi Hadiri Pemakaman Korban Insiden Penembakan Paris

Nasional | beritabaru.co | Rabu, 4 Januari 2023 - 02:12
share

Berita Baru, Paris Linang air mata dan isak tangis ribuan orang Kurdi hadiri pemakaman korban insiden penembakan Paris, dengan Turki menjadi sorotan di balik insiden yang menewaskan 3 orang itu.

Pemakaman 3 korban dari mereka yang terbunuh dalam serangan bulan Desember yang dilakukan pada Selasa (3/1) di di Villiers-le-Bel, utara Paris.

Bus disewa untuk membawa orang-orang dari seluruh Prancis dan beberapa negara tetangga ke pemakaman.

Peti mati tiga orang satu wanita dan dua pria dibungkus dengan bendera Partai Pekerja Kurdistan (PKK) dan wilayah Rojava yang dikuasai Kurdi di Suriah utara, menurut laporan France24 .

Kerumunan mengikuti pemakaman di layar raksasa yang dipasang di tempat parkir.

Di layar itu memperlihatkan peti mati yang dikelilingi karangan bunga di bawah potret pemimpin PKK Abdullah Ocalan, yang menjalani hukuman seumur hidup di sebuah pulau penjara di lepas pantai Istanbul.

Polisi dan sukarelawan keamanan sedang bertugas di luar aula yang disewa untuk pemakaman.

Insiden penembakan Paris itu terjadi saat seorang pria xenophobia bersenjata diduga membunuh tiga orang Kurdi pada 23 Desember, yang diduga bermuatan rasisme.

Para korban ditembak di dalam dan di depan pusat Ahmet-Kaya, sebuah organisasi budaya untuk komunitas Kurdi di distrik ke-10 Paris.

Ketiga korban tersebut diidentifikasi sebagai Abdurrahman Kizil; penyanyi dan pengungsi politik Mir Perwer; dan Emine Kara, pemimpin Gerakan Wanita Kurdi di Prancis.

Sang pelaku penembakan, William Malet (69 tahun), secara resmi didakwa dalam penembakan pada 26 Desember.

Dia mengatakan kepada penyelidik bahwa dia memiliki kebencian patologis terhadap orang asing dan ingin membunuh migran, kata jaksa penuntut.

Malet adalah seorang pensiunan masinis. Ia pernah dihukum karena penyerangan dan kepemilikan senjata ilegal.

Dia baru saja meninggalkan satu tahun penahanan karena serangan pedang di sebuah kamp migran.

Tetapi banyak orang Kurdi di komunitas Prancis yang beranggotakan 150.000 orang menolak untuk percaya bahwa dia bertindak sendiri, menyebut tindakannya sebagai serangan teroris dan menuding Turki berada di balik itu.

Kemarahan orang-orang yang berkumpul hari ini sekali lagi membuktikan kepada kami betapa komunitas Kurdi percaya pembunuhan ini bersifat politis, kata juru bicara Dewan Demokratik Kurdi di Prancis.

Pada Januari 2013, tiga aktivis perempuan Kurdi termasuk Sakine Cansz, salah satu pendiri PKK ditembak mati di dekat pusat kebudayaan.

Tersangka pembunuh mereka, Omer Guney, seorang warga negara Turki yang diyakini memiliki hubungan dengan dinas rahasia Ankara, meninggal karena tumor otak di sebuah rumah sakit Paris pada tahun 2016 dalam penahanan pra-sidang.

Baru-baru ini, pria dipukuli dengan jeruji besi pada bulan April di pusat budaya Kurdi di kota Lyon, Prancis timur.

Serangan itu dilakukan oleh anggota kelompok ultra-nasionalis Turki yang dilarang, Serigala Abu-abu.

PKK, yang telah mengobarkan perjuangan bersenjata hampir empat dekade untuk mendapatkan hak yang lebih besar bagi minoritas Kurdi Turki, dikategorikan sebagai kelompok teroris oleh Ankara, Uni Eropa, dan Amerika Serikat.

Bentrokan antara polisi dan demonstran Kurdi segera setelah pembunuhan Desember meningkatkan ketegangan antara sekutu NATO Turki dan Prancis.

Kementerian luar negeri Ankara memanggil duta besar Prancis untuk mengeluhkan propaganda hitam yang diluncurkan oleh [the] PKK.

Aktivis dengan Dewan Demokratik Kurdi di Prancis telah merencanakan pawai pada hari Rabu untuk para korban penembakan bulan Desember di jalan tempat mereka dibunuh.

Pada hari Sabtu, pawai akbar komunitas Kurdi, yang awalnya direncanakan untuk menandai peringatan 10 tahun penembakan tahun 2013, akan berangkat dari stasiun kereta api Gare du Nord Paris.

Topik Menarik