4 Tokoh Hidup Sederhana hingga Berhasil Jadi Jenderal, Nomor 3 Pernah Jadi Tukang Ojek

4 Tokoh Hidup Sederhana hingga Berhasil Jadi Jenderal, Nomor 3 Pernah Jadi Tukang Ojek

Nasional | BuddyKu | Kamis, 8 Desember 2022 - 10:52
share

JAKARTA, iNews.id - Empat tokoh hidup sederhana sampai berhasil menjadi jenderal. Mereka rela menjadi tukang ojek hingga kuli bangunan.

Mereka adalah Komjen (Purn) Budi Waseso, Jenderal (Purn) Sutarman, Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto dan Jenderal (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono.

Berikut rangkuman kisah mereka :

1. Susilo Bambang Yudhoyono

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berasal dari keluarga sederhana yang tinggal di Pacitan, Jawa Timur. Setelah menikah, SBY dan Ani tidak lantas bisa hidup mewah, meski orang tua istri orang terpandang di kalangan militer, Sarwo Edhie.

Gaji yang diberikan kepada istrinya tidak cukup sehingga Ani harus mencari tambahan lain. Padahal, jabatan yang diemban SBY saat itu Komandan Batalyon.

Kesederhanaan yang dijalani keduanya berlanjut saat SBY ditugaskan ke Timor Timur ada 1976. Ani sampai harus menjual seluruh peralatan rumah tangganya untuk memenuhi kehidupan selama suaminya di medan tempur, namun barang-barang tersebut tak bisa dibawa ke medan tugas SBY.

2. Hadi Tjahjanto

Mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto berasal dari keluarga sederhana. Ketika Hadi masih kecil harus membantu ayahnya seorang teknisi pesawat bergaji pas-pasan.

Dia juga pernah menjadi seorang Cady hingga pembuat kue donat. Meski begitu, Hadi terus mencapai cita-citanya hingga berhasil menjadi Panglima TNI.

3. Budi Waseso

Komjen (Purn) Budi Waseso sewaktu masih berpangkat Kapten, Buwas menjadi tukang ojek dengan memanfaatkan motor Vespa yang dia beli dari temannya seharga Rp350.000 untuk ngojek.

Mantan Kabareskrim ini setiap pulang tugas mencari penumpang. Uangnya untuk memenuhi kebutuhannya sehari mulai dari ongkos hingga rokok.

Selain itu dia juga pernah menjadi calo bahan bangunan. Dia menawarkan bahan bangunan, seperti pasir, semen dan batu bata. Setiap menjual bahan bangunan, Buwas mengambil selisih Rp5.000 dan uangnya untuk tabungan.

4. Sutarman

Jenderal (Purn) Sutarman saat masih kecil tidak langsung main bersama teman-teman tapi terjun ke sawah untuk menggembalakan kerbau. Dia tidak berasal dari keluarga kurang mampu yang tinggal di Kelurahan Tawang, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo.

Mantan Kapolri ini pernah menjadi kuli bangunan, mencangkul di sawah, ataupun pekerjaan berat lainnya.

Topik Menarik