Loading...
Loading…
Jokowi Luncurkan Pandemic Fund di KTT G20, Pakar Beber Manfaatnya

Jokowi Luncurkan Pandemic Fund di KTT G20, Pakar Beber Manfaatnya

Powered by BuddyKu
Nasional | Genpi | Senin, 14 November 2022 - 14:14

GenPI.co - Dinna Prapto Bagja selaku Pakar Hubungan Internasional memberikan pujian kepada Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) yang meluncurkan program Pandemic Fund atau dana pandemi di tengah perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Pandemic Fund sendiri merupakan bagian dari aksi solidaritas global dalam melakukan penggalangan dana .

Menurut Dinna, Pandemic Fund sangat bermanfaat untuk membantu percepatan penanganan pandemi di masa depan dari sisi pendanaan bagi negara-negara yang membutuhkan.

Pandemic Fund diluncurkan untuk membantu negara-negara yang butuh tambahan kapasitas pembiayaan dalam mempercepat berakhirnya pandemi. Menurut saya inisiatif ini penting dan patut didukung, ujar Dinna dari rilis yang diterima GenPi.co, Senin (14/11).

Belajar dari masa awal pandemi yang melanda dunia, ada negara yang perlu dibantu untuk mengatasi krisis.

Karena pada kenyataannya ada kesenjangan kemampuan antar negara dalam mengakhiri krisis kesehatan di negara masing-masing, ucap Dinna.

Oleh karenanya, Dinna mengatakan pandemic fund bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kesenjangan tersebut.

Sebab menurutnya, negara harus saling membantu untuk segera menghentikan pandemi di suatu negara agar tidak menular ke negara lainnya.

Kesenjangan ini urgen untuk dijembatani karena kalau tidak maka pandemi tidak bisa berubah menjadi endemi. Jika masih ada sejumlah negara yang menjadi titik tumbuh wabah penyakit, maka pada saat itu pula negara-negara lain tetap rentan \'tertular\' krisis kesehatan pula, terangnya.

Satu hal yang menarik dari pandemic fund ini adalah peluncurannya, yang dilakukan sekaligus dengan mekanismenya serta tata cara penggunaan dana tersebut, tanpa perlu repot melakukan negosiasi yang alot.

Artinya dana langsung bisa dimanfaatkan, tidak perlu lagi dinegosiasikan cara pemanfaatannya. Indonesia patut bersyukur dapat melahirkan inisiatif ini dalam waktu relatif cepat, tuntasnya.(*)

Lihat video seru ini:

Original Source

Topik Menarik

{
{
{