Tokoh NU Desak Kapolri Listyo Copot Kapolda Jatim: Jangan Lembek Pak!

Tokoh NU Desak Kapolri Listyo Copot Kapolda Jatim: Jangan Lembek Pak!

Nasional | law-justice.co | Senin, 3 Oktober 2022 - 06:49
share

Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) dan pegiat media sosial Umar Syadat Hasibuan meminta Kepala Kepolisian Indonesia (Kapolri), Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk tegas pada peristiwa di Kanjuruhan Malang.

Politisi PKB itu meminta Kapolri untuk mencopot Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta dan Kapolres Malang, AKBP Ferli Hidayat.

"Dear pak kapolri @ListyoSigitP copot kapolda jatim dan kapolres kab malang," ucap Gus Umar dilansir fajar.co.id dari twitter pribadinya, Minggu (2/10/2022).

Hal tersebut sebagai bentuk tanggung jawab atas meninggalnya ratusan orang pada tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang.

"Sebagai tanggung jawab atas meninggalnya 130 orang. Jangan lembek pak ini tragedi yang paling menyayat hati bagi bangsa ini," pungkasnya.

Sebelumnya, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta, merinci,127 orang tewas dalam kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang.

Dia menjelaskan, para korban keluar ke satu titik di pintu keluar. Kemudian terjadi penumpukan.

"Di dalam proses penumpukan itulah terjadi sesak nafas, kekurangan oksigen, yang oleh tim medis dan tim pergabungan ini dilakukan upaya penolongan yang ada di dalam stadion," kata Kapolda Jawa Timur saat memberi keterangannya di Mapolres Malang pada Minggu pagi (2/10/2022).

Dari 127 yang meninggal itu, dua diantaranya merupakan anggota Polri.

Dear pak kapolri @ListyoSigitP copot kapolda jatim dan kapolres kab malang. Sbg tanggung jawab atas meninggalnya 130 orang. Jgn lembek pak ini tragedi yg plg menyayat hati bagi bangsa ini.

Haji Umar Hasibuan (@UmarHasibuann_) October 2, 2022
Topik Menarik