Loading...
Loading…
Nama-Nama Neraka yang Harus Diketahui Umat Muslim

Nama-Nama Neraka yang Harus Diketahui Umat Muslim

Powered by BuddyKu
Nasional | BisnisCom | Minggu, 04 September 2022 - 17:40

Bisnis.com, JAKARTA -Mempercayai adanya hari pembalasan merupakan sebuah kewajiban bagi umat Islam. Salah satu bentuk kepercayaan akan hari akhir yaitu dengan mengenali nama-nama neraka .

Dalam ajaran Islam, neraka adalah tempat untuk memberikan ganjaran kepada mereka yang timbangan amal buruknya lebih berat dibandingkan amal baik. Secara etimologi, neraka berasal dari Bahasa Arab yaitu al-nar yang memiliki arti panas, tembakan, dan api.

Sedangkan secara istilah al-nar berarti tempat yang mengerikan dan memang disediakan oleh orang yang berbuat dosa serta kejahatan. Keberadaan dari neraka ini tercatat dalam firman Allah SWT dalam Q.S Ali-Imran ayat ke 116 yang berbunyi:

Artinya: Sesungguhnya orang-orang kafir, baik harta maupun anak-anak mereka, sedikitpun tidak dapat menolak azab Allah. Mereka itu penghuni neraka (dan) mereka kekal di dalamnya.

Nama Nama Neraka di Dalam Islam

Neraka mempunyai tingkatan yang berbeda dan setiap tingkatannya, suhu apinya bertambah 70 kali lipat. Tentu saja tingkatan tersebut disesuaikan dengan amal buruk yang diperbuat oleh manusia semasa hidupnya. Berikut merupakan tingkatan neraka dalam agama islam.

1. Neraka Jahanam

Tingkatan neraka yang pertama yaitu neraka jahannam yang merupakan tingkatan neraka tertinggi. Penghuni neraka ini yaitu mereka yang semasa hidupnya melakukan dosa besar, orang-orang yang munafik, orang yang durhaka kepada Allah SWT, orang yang mengikuti langkah buruk setan.

Sebagaimana firman Allah SWT. yang terdapat dalam Quran Surah Al-Hijr ayat ke 43 yang berbunyi:

Artinya: Dan sungguh, Jahanam itu benar-benar (tempat) yang telah dijanjikan untuk mereka (pengikut setan) semuanya.

2. Neraka Lazha

Nama-nama neraka berikutnya yaitu Lazha. Neraka ini merupakan tempat bagi golongan orang-orang yang membelakangi tauhid, menyimpang dari risalah Nabi Muhammad SAW, serta golongan orang-orang yang enggan untuk memberikan sedekah. Neraka Lazha ini memiliki arti neraka yang berkobar hebat dan neraka yang menyala-nyala.

3. Neraka Hutamah

Neraka hutamah merupakan neraka yang berisi golongan orang-orang yang enggan untuk bersedekah orang yang suka mencela sesamanya, orang yang suka mengumpat dan orang yang perhitungan terhadap sesama. Neraka ini akan membuat para penghuninya mengalami kehancuran. Api neraka ini akan memecah serta membakar kedua kaki tulang hingga membakar hati serta melontarkan yang ukurannya sebesar istana.

4. Neraka Sa\'ir

Nama nama neraka selanjutnya yaitu neraka Sa\'ir yang berarti menyala atau sesuatu yang berkobar serta tidak dipadamkan sejak hal itu diciptakan. Pada Quran Surah Al-Mulk ayat ke-5 terkait dengan neraka Sa\'ir yaitu sebagai berikut:

Artinya: Dan sungguh, telah Kami hiasi langit yang dekat, dengan bintang-bintang dan Kami menjadikannya (bintang-bintang itu) sebagai alat-alat pelempar setan, dan Kami sediakan bagi mereka azab neraka yang menyala-nyala.

5. Neraka Saqar

Neraka ini merupakan tempat di akhirat yang dihuni oleh orang sombong orang yang tidak pernah shalat dan yang tidak pernah memberi makanan kepada orang miskin serta yang mendustakan Al-Quran.

6. Neraka Jahim

Neraka Jahim merupakan neraka yang dihuni oleh orang-orang yang musyrik, orang-orang yang mendurhakai Allah SWT, orang-orang yang mendustakan ayat-ayat-Nya, dan mereka yang melupakan urusan akhirat karena kesibukan di duniawi.

7. Neraka Hawiyah

Neraka hawiyah ini merupakan neraka yang dihuni oleh golongan orang-orang yang timbangan amal kebaikannya ringan.

Itulah beberapa nama-nama neraka yang harus kita ketahui sebagai renungan dan pengingat kita. Dengan mengenal nama nama neraka, maka kita bisa menghindari perbuatan-perbuatan yang dapat menjerumuskan kita ke dalam tempat tersebut.

Original Source

Topik Menarik