Gubernur Khofifah Bakal Launching Trans Jatim

Gubernur Khofifah Bakal Launching Trans Jatim

Nasional | jawapos | Jum'at, 5 Agustus 2022 - 13:48
share

JawaPos.com Bertempat di Hotel Aston Inn, Gresik, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono didampingi Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jatim Nyono secara resmi me-launching aplikasi Trans Jatim-Ajaib.

Trans Jatim koridor I dengan rute Terminal PorongLaranganTerminal Bungurasih, kemudian naik tol turun exit RomokalisariJl VeteranJl KartiniJl dr Wahidin dan berhenti di Terminal Bunder, Gresik, tersebut rencananya di-launching Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pada 18 Agustus 2022.

Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak secara daring mengatakan, Trans Jatim merupakan sistem layanan transportasi bus rapid transit (BRT) antarkota dan kabupaten dalam satu lingkup wilayah aglomerasi perkotaan di Jawa Timur seperti Gerbangkertosusila.

Proyek ini merupakan komitmen Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa untuk meningkatkan aksesibilitas layanan publik, termasuk transportasi, ujarnya.

Proyek tersebut juga merupakan bentuk implementasi Perpres No 80 Tahun 2019 untuk mendukung percepatan pembangunan ekonomi pada kawasan aglomerasi perkotaan di Jatim. Tujuannya, memudahkan akses menggunakan layanan bus Trans Jatim dengan dukungan aplikasi mobile yang diberi nama Trans Jatim-Ajaib yang sudah disosialisasikan dan di-launching.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengapresiasi dan mendukung inovasi aplikasi Trans Jatim-Ajaib sesuai kebutuhan warga Surabaya Raya (GresikSurabayaSidoarjo) akan transportasi yang terintegrasi dengan baik.

Ini sebagai bentuk implementasi pelayanan publik yang baik karena pelayanan publik juga dapat dijadikan tolok ukur hasil kinerja pemerintah dalam melayani masyarakat, ujarnya.

Keberhasilan pemerintah dalam memberikan layanan publik dilihat dari profesionalisme, efektivitas, dan efisiensi.

Menurut Yani, sapaan Fandi Akhmad Yani, aplikasi itu merupakan salah satu bentuk efisiensi yang luar biasa karena seluruh masyarakat dapat menjangkaunya. Masyarakat merupakan objek yang merasakan langsung dampak pelayanan publik tersebut, ungkap mantan ketua DPRD Gresik tersebut.

Yani berharap diluncurkannya aplikasi Trans Jatim-Ajaib itu dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses transportasi publik yang terintegrasi Trans Jatim. Memang masyarakat kita butuh sesuatu yang cepat, tepat, mudah, dan aman, jelas Yani.

Bus Trans Jatim milik Pemprov Jatim diprediksi ramai penumpang. Alasannya, penumpang diberi kemudahan layanan lewat Aplikasi Jatim Informasi Bus (Ajaib). Selain itu, rute yang ditawarkan lebih jauh, dari Sidoarjo sampai Gresik.

Kabid Angkutan Dishub Sidoarjo Rochjadi mengatakan, untuk bus Trans Sidoarjo yang sebelumnya beroperasi saja, penumpangnya ramai saat pagi dan sore. Padahal, layanan bus tersebut masih konvensional.

Artinya, tidak ada aplikasi pendukung. Jumlah penumpang dan bus yang akan melintas tidak bisa diketahui. Selain itu, rutenya hanya sampai Terminal Bungurasih, tidak sampai Gresik.

Prediksinya ini bakal ramai karena transportasi ini didukung aplikasi berbasis iOS dan Android yang memberikan fitur layanan kepada pengguna, kata pria yang akrab disapa Roy itu.

Topik Menarik