Periksa Ponsel Android Anda, Kalo Ada Aplikasi Ini, Segera Hapus!

Periksa Ponsel Android Anda, Kalo Ada Aplikasi Ini, Segera Hapus!

Nasional | jawapos | Jum'at, 5 Agustus 2022 - 08:28
share

JawaPos.com Kumpulan baru aplikasi Android berbahaya yang diisi dengan adware dan malware ditemukan di Google Play Store. Ngerinya lagi, aplikasi ini telah diinstal hampir 10 juta kali di perangkat seluler.

Aplikasi ini berfungsi sebagai alat pengeditan gambar, keyboard virtual, pengoptimal sistem, pengubah wallpaper, dan banyak lagi. Namun, fungsi dasarnya adalah untuk mendorong iklan yang mengganggu, membuat pengguna berlangganan layanan premium, dan parahnya lagi bisa mencuri akun media sosial korban.

Penemuan aplikasi berbahaya ini berasal dari tim antivirus Dr. Web, yang menyoroti ancaman baru dalam laporan yang diterbitkan belum lama ini. Google telah menghapus sebagian besar aplikasi yang disajikan, namun seperti dikutip dari Bleeping Computer pada saat penulisan ini, tiga aplikasi tetap tersedia untuk diunduh dan dipasang melalui Play Store.

Selain itu, jika Anda menginstal salah satu aplikasi ini sebelum dihapus dari Play Store, Anda masih perlu mencopot pemasangannya dari perangkat Anda secara manual dan menjalankan pemindaian antivirus untuk membersihkan sisa-sisanya.

Aplikasi adware yang ditemukan oleh Dr. Web adalah modifikasi dari keluarga malware yang ada yang pertama kali muncul di Google Play Store pada Mei 2022 lalu. Setelah penginstalan, aplikasi meminta izin untuk melapisi jendela di atas aplikasi apa pun dan dapat menambahkan dirinya sendiri ke daftar pengecualian penghemat baterai sehingga mereka dapat terus berjalan di latar belakang meski korban telah menutup aplikasi.

Selain itu, mereka menyembunyikan ikon mereka dari laci aplikasi atau menggantinya dengan sesuatu yang menyerupai komponen sistem inti seperti SIM Toolkit atau sejenisnya. Aplikasi ini membunuh ponsel saya, kata beberapa ulasan di Google Play Store.

Penasaran 28 malware Android mana saja sempat tampil di Google Play Store yang mengandung malware berbahaya, berikut ini adalah daftar lengkapnya.

1. Photo Editor: Beauty Filter
2. Photo Editor: Retouch & Cutout
3. Photo Editor: Art Filters
4. Photo Editor Design Maker
5. Photo Editor & Background Eraser
6. Photo & Exif Editor
7. Photo Editor Filters Effects
8. Photo Filters & Effects
9. Photo Editor : Blur Image
10. Photo Editor : Cut, Paste
11. Emoji Keyboard: Stickers & GIF
12. Neon Theme Keyboard
13. Neon Theme Android Keyboard
14. Cashe Cleaner
15. Fancy Charging
16. FastCleaner: Cashe Cleaner
17. Call Skins Caller Themes
18. Funny Caller
19. CallMe Phone Themes
20. InCall: Contact Background
21. MyCall Call Personalization
22. Caller Theme
23. Caller Theme
24. Funny Wallpapers Live Screen
25. 4K Wallpapers Auto Changer
26. NewScrean: 4D Wallpapers
27. Stock Wallpapers & Backgrounds
28. Notes reminders and lists

Topik Menarik