Lahan Bekas Tambang PTBA Disulap jadi Tambak Ikan

Lahan Bekas Tambang PTBA Disulap jadi Tambak Ikan

Nasional | jawapos | Sabtu, 2 Juli 2022 - 05:28
share

JawaPos.com Perusahaan BUMN yang bergerak di sektor pertambangan, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menyulap sebagian lahan bekas tambang di Tambang Air Laya menjadi waduk dan tambak ikan yang dikelola oleh warga sekitar. Dengan luas mencapai 2,5 hektare (ha), tambak ikan ini diusahakan oleh puluhan warga setempat.

Bukit Asam juga memberikan berbagai bantuan untuk pengembangan tambak, mulai dari perizinan, pelatihan budi daya, hingga pembinaan kelompok. Jenis-jenis ikan yang diusahakan diantaranya adalah lele dumbo, nila, gurame, patin, gabus, dan koi. Setiap bulan, kurang lebih 200 ribu benih ikan terjual dari tambak ini.

PTBA berkomitmen untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dan mengurangi dampak negatif bagi lingkungan hidup dalam setiap aktivitas operasional. Program ini adalah salah satu wujud nyata komitmen Perusahaan yang telah dijalankan secara konsisten dan berkesinambungan, ujar Corporate Secretary PTBA, Apollonius Andwie dalam keterangan Jumat (1/7).

Perusahaan menyadari bahwa keberlangsungan usaha pada jangka panjang tak bisa bergantung pada kemampuan dalam merealisasikan target-target finansial semata. Tetapi juga bergantung pada dukungan kuat masyarakat sekitar terhadap operasional bisnis sehari-hari.

Karena itu, emiten berkode sandi PTBA ini memiliki tanggung jawab dalam pengembangan sosial kemasyarakatan. Perusahaan komitmen terhadap pembangunan berkelanjutan dengan memberikan manfaat sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Program tanggung jawab sosial perusahaan difokuskan pada peningkatan kesejahteraan sosial masyarakat yang tersebar di wilayah kerja perusahaan. Yaitu, di Pertambangan Tanjung Enim, Pertambangan Ombilin, Pelabuhan Tarahan, dan Dermaga Kertapati.

Topik Menarik