Loading...
Loading…
Wajib Dicoba, Lima Tempat Makan Selat Enak di Kota Solo

Wajib Dicoba, Lima Tempat Makan Selat Enak di Kota Solo

Nasional | jawapos | Minggu, 15 Mei 2022 - 12:37

JawaPos.com Dekat-dekat Jogjakarta, ada Kota Solo yang juga kerap jadi destinasi wisata saat musim liburan tiba. Sama halnya dengan Jogja yang punya sejuta rasa kuliner yang khas, Solo tidak kalah populer untuk urusan wisata makan.

Tanah kelahiran Presiden Jokowi ini punya beberapa tempat makan yang sudah terkenal bahkan sampai ke telinga orang-orang di Jakarta. Salah satu yang wajib dicoba saat mampir ke Solo adalah selat, panganan paduan sayur, kentang, dan daging lalu diguyur kuah ini mampu menggoyang lidah para penikmat kuliner.

Di Solo, ada beberapa tempat makan selat yang bisa dikunjungi saat mampir ke Kota Bengawan ini. Berikut rangkuman tempat makan selat Solo yang enak yang berhasil JawaPos.com rangkum selama berada di Kota Solo.

Es Masuk Gajahan

Pertama, tempat makan selat yang layak dikunjungi saat mampir ke Solo ada di warung bernama Es Masuk Gajahan. Kedai makan ini berada di Jl. Reksoniten No.43B, Gajahan, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Tak hanya selat, di warung ini tersedia berbagai makanan dan camilan khas Kota Solo lainnya yang tak kalah bikin mulut berliur ingin menyantapnya. Selain itu, di Es Masuk Gajahan, saat makan, kita akan ditemani iringan musik keroncong dari kelompok musisi jalanan yang biasa manggung di tempat ini dan menanti saweran seikhlasnya dari para pengunjung.

Baca Juga :
Selain selat solo, ini 10 makanan khas Solo yang wajib dicoba

Warung Mekar Sari

Selanjutnya, tempat makan selat enak yang wajib kamu datangi di Kota Solo adalah warung Mekar Sari. Selat di sini tak kalah menggugah selera, kuahnya asam, manis, segar dengan irisan daging atau galantin (semacam olahan daging sapi) yang tebal-tebal.

Di Warung Mekar Sari, selain selat Solo, ada juga makanan berat lainnya seperti gudeg Solo, gado-gado, dan beberapa makanan lainnya.

Seperti diketahui, karakter gudeg Solo dengan gudeg Jogja berbeda. Keduanya punya cita rasa kuat dan khas di masing-masing daerahnya.

Dan, buat yang mau mampir, Warung Mekar Sari hanya berada di Jl. DR. Radjiman No.168A, Kemlayan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Warung ini diketahui tidak membuka cabang sejak puluhan tahun lalu.

Selat Viens

Kemudian lanjut ke Jl. Hasanudin No.99 D/E, Punggawan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Di tempat ini ada warung Selat bermana Viens dan menyediakan berbagai kuliner khas Kota Solo yang bikin ngiler.

Baca Juga :
10 Tempat makan soto di Solo, legendaris dan ramai pengunjung

Selat Solo Mbak Lies

Geser ke Jl. Yudhistira No.9, Serengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, ada selat Solo Mbak Lies. Warung ini berdiri sejak 16 September 1987 silam, cukup legend, nama warung selat ini sudah dikenal dan buat yang suka karakter masakan agak manis, selat Solo Mbak Lies bisa dipilih.

Warung Maknyus

Terakhir, ada warung bernama Warung Maknyus yang juga menyajikan kuliner selat Solo yang enak. Berlokasi di Jalan RM Said 89, Solo. Buka jam tujuh pagi sampai tiga sore. Selat daging dibanderol dengan harga Rp 20.000 seporsi.

Porsinya lumayan bikin kenyang dengan rasa daging yang nikmat. Kuahnya gurih manis berkombinasi dengan kentang tumbuk, telur dan selada. Kalau gak suka daging kalian bisa pilih gado-gado, lotek, nasi langgi, dan lainnya.

Original Source

Topik Menarik

{