Inggris Selidiki Dugaan Hepatitis Misterius dari Anjing Terinfeksi

Inggris Selidiki Dugaan Hepatitis Misterius dari Anjing Terinfeksi

Nasional | jawapos | Sabtu, 7 Mei 2022 - 14:08
share

JawaPos.com Inggris tengah menyelidiki dugaan anjing adalah penyebab wabah hepatitis misterius di seluruh dunia. Pasalnya, sejumlah anak-anak yang tertular penyakit tersebut berasal dari keluarga yang memiliki anjing atau pernah terpapar dari anjing.

Para ahli masih kebingungan terkait melonjaknya kasus hepatitis akut misterius. Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) mengumumkan pentingnya temuan ini sedang dieksplorasi, setelah mengidentifikasi hubungannya dengan anjing.

Tetapi masih belum jelas bagaimana hewan kesayangan bisa disalahkan, papar pernyataan itu.

Terdapat 18 anak Inggris lainnya terkena penyakit ini. Sehingga menjadikan total pasien di negara itu menjadi 163 sejak Januari. Sebanyak 11 dari anak-anak membutuhkan transplantasi hati. Hampir 300 kasus kini telah terdeteksi di seluruh dunia.

Gejala awalnya sakit perut dan suhu tinggi. Para ilmuwan dibuat bingung oleh wabah tersebut. Para pejabat sedang mencari tahu apakah adenovirus bisa menjadi biang keladinya. Adenovirus memiliki dua jenis yang diketahui menginfeksi anjing.

Salah satu mutasi ini menyebabkan hepatitis menular dan yang lainnya adalah salah satu patogen yang memicu batuk kennel. Direktur Clinical and Emerging Infections di UKHSA dr. Meera Chand mengingatkan orang tua untuk waspada terhadap tanda-tanda hepatitis terutama penyakit kuning, yang paling mudah dikenali.

Langkah-langkah kebersihan termasuk mencuci tangan secara menyeluruh dan memastikan anak-anak mencuci tangan mereka dengan benar, membantu mengurangi penyebaran infeksi, katanya.

Topik Menarik