3 Cara Gampang Menyimpan Minyak Goreng, Dijamin Awet

3 Cara Gampang Menyimpan Minyak Goreng, Dijamin Awet

Nasional | genpi.co | Kamis, 5 Mei 2022 - 12:00
share

GenPI.co Banten - Berbagai varian kemasan minyak goreng yang beredar di pasaran diciptakan untuk beragam kebutuhan anda.

Anda dapat memilih kemasan botol, jerigen, atau bahkan kemasan plastik refill. Seringkali kelalaian dalam penyimpanan dapat membuat minyak goreng menurun kualitas dan berubah bau menjadi tengik.

Penyebab minyak goreng dapat berubah menjadi tengik antara lain karena semua jenis minyak mengandung lemak jenuh dan lemak tak jenuh ganda.

Keduanya dapat dengan mudah terpengaruh oleh paparan cahaya, panas, air, udara, dan kontaminasi mikroba tertentu.

Jika minyak dibiarkan terbuka, maka lemak akan berikatan dengan oksigen dan membentuk senyawa asam aldehida, keton, atau karboksilat yang dapat menyebabkan minyak beraroma tengik.

Berikut adalah tips-tips menyimpan minyak goreng dengan tepat:

1. Menyimpan dalam wadah berbahan kaca

Varian kemasan minyak goreng yang paling banyak ditemukan di pasaran adalah kemasan plastik refil dan botol plastik.

Sedangkan untuk penyimpanan minyak goreng di rumah kebanyakan dari ibu-ibu memilih botol plastik karena bentuknya yang kokoh, ringan dan mudah diletakan dimana saja.

Untuk menghindari bau tengik, sebaiknya segera alihkan penyimpanan minyak goreng anda ke botol kaca.

Minyak goreng yang disimpan di botol plastik kualitasnya akan lebih cepat menurun karena bahan plastik lebih cepat memuai dan larut dalam minyak.

Kemasan plastik dapat meningkatkan kenaikan peroksida dalam minyak sehingga menimbulkan bau tengik.

Menyimpan minyak goreng menggunakan kemasan botol kaca berukuran kecil dalam jumlah banyak juga dapat menjaga keawetannya.

Karena, sifatnya yang praktis dapat menghindarkan anda dari seringnya anda membuka dan menutup botol tersebut sehingga mikroba tidak masuk ke dalamnya.

2. Jangan taruh di dekat kompor

Seringkali kemasan minyak goreng ditempatkan di dekat kompor karena dapat mempermudah jangkauan saat memasak.

Sebaiknya hindari hal ini karena panas yang ditimbulkan kompor dapat membuat minyak lebih cepat menguap dan menurunkan kualitasnya.

Sebagai gantinya anda dapat menyimpan minyak goreng dalam rak dapur yang tertutup, jauh dari sumber panas dan sumber cahaya gar kualitas minyak tetap terjaga.

3. Menjauhkan Jauhkan dari sinar matahari langsung

Minyak goreng sebaiknya disimpan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung karena paparan panasnya dapat menurunkan kandungan antioksidan minyak dan mempercepat proses pembusukan. (Hellosehat)

Jangan sampai ketinggalan! Kamu sudah lihat video ini ?

Topik Menarik