Dinas KUKM NTB Mulai Siapkan Lapak UMKM di Ajang MXGP Samota Sumbawa

Dinas KUKM NTB Mulai Siapkan Lapak UMKM di Ajang MXGP Samota Sumbawa

Nasional | lombokpost | Sabtu, 30 April 2022 - 10:30
share

MATARAM -Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (KUKM) telah bergerak untuk menyiapkan UMKM di ajang Motocross Grand Prix (MXGP) Samota nanti. Sekarang sedang proses kurasi. Jumlahnya sekitar 420 UMKM yang kita kurasi, kata Kepala Dinas KUKM NTB Ahmad Masyhuri.

Proses kurasi dilakukan Dinas KUKM, Perdagangan, serta Perindustrian di Kabupaten Sumbawa. Dengan dibantu Pemprov NTB. Masyhuri mengatakan, konsep penempatan UMKM di MXGP terus dimatangkan.

Tata letak UMKM tergantung layout di arena MXGP. Masih ada perubahan-perubahan, itu akan kita sesuaikan, ujarnya.

Katanya, 420 UMKM yang telah melalui proses kurasi ini, tidak semua bisa menempati tempat-tempat yang disediakan di sekitar areal MXGP. Semuanya tergantung pada hasil layout final yang diputuskan bersama.

Kita belum tahu berapa yang akan masuk nantinya. Kita tunggu dulu dari layoutnya seperti apa, sebut Masyhuri.

Balapan MXGP di Samota, bukan hanya soal menghadirkan event internasional di Pulau Sumbawa. Masyhuri menyebut, arahan Gubernur NTB menyebut harus ada juga dampak ekonominya. Seperti pada event-event internasional sebelumnya di Pulau Lombok, yakni MotoGP dan World Superbike.

Karena itu, Pemprov NTB berupaya keras agar semakin banyak UMKM di Pulau Sumbawa yang terlibat saat MXGP nanti. Sehingga tidak hanya sekadar berjualan saja, tapi juga produk UMKM dari Pulau Sumbawa, terutama di bidang kuliner, lebih dikenal lebih luas lagi.

Di sana kan ada sepat, singang dan banyak lagi produk unggulan khas Sumbawa lainnya, katanya.

Lebih lanjut, Masyhuri mengatakan, bukan hanya UMKM lokal yang bakal berpartisipasi nanti di MXGP. Hadir juga UMKM dari luar daerah, untuk memberi warna dan pilihan kepada penonton MXGP yang hadir. Pola ini juga dijalankan ketika event MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit. (dit/r5)

Topik Menarik