Tas Siaga Bencana, Apa Saja Isinya? Ini Fungsinya Masing-masing

Tas Siaga Bencana, Apa Saja Isinya? Ini Fungsinya Masing-masing

Nasional | inewsid | Selasa, 5 April 2022 - 15:12
share

JAKARTA, iNews.id - Tas siaga bencana penting dimiliki oleh masyarakat yang berada di daerah rawan bencana. Untuk itu, pahami edukasi tas siaga bencana dan fungsinya di sini.

Letak Indonesia yang berada di lingkar cincin Pasifik atau Ring of Fire membuat negara ini sering menghadapi berbagai bencana alam seperti gempa bumi, gunung berapi aktif, serta gempa bumi. Untuk itu, masyarakat mengetahui tindakan mitigasi, salah satunya memiliki tas siaga bencana.

Jelaskan Tas Siaga Bencana dan Berisi Apa Saja dan Kegunaannya?

Melansir \'Buku Saku Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana\' yang diterbitkan oleh BNPB, tas siaga bencana merupakan tas yang dipersiapkan untuk berjaga-jaga apabila terjadi suatu bencana atau kondisi darurat.

Tujuannya, sebagai persiapan untuk bertahan hidup sebelum bantuan datang dan memudahkan masyarakat dalam menjalankan evakuasi ke tempat yang lebih aman. Isi dari tas siaga bencana harus berbahan dasar waterproof dan mampu menopang kebutuhan dasar selama tiga hari.

Apa Saja yang Harus Disiapkan di Tas Siaga Bencana?

Sementara itu, setiap bencana memiliki cara mitigasinya sendiri. Empat hal yang hal yang harus dipahami dari sebuah mitigasi adalah tersedianya informasi dan peta kawasan rawan bencana, serta sosialisasi dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat.

Selain itu, masyarakat juga harus paham apa saja yang perlu dilakukan dilakukan dan dihindari serta penyelamatan diri, serta penataan kawasan rawan bencana sebagai upaya mengurangi potensi bencana. Serta, jangan lupa hal yang paling penting adalah memiliki tas siaga bencana.

Topik Menarik