Will Smith Mundur dari The Academy, Bagaimana Nasib Piala Oscar?

Will Smith Mundur dari The Academy, Bagaimana Nasib Piala Oscar?

Nasional | law-justice.co | Sabtu, 2 April 2022 - 17:40
share

Will Smith mengumumkan mundur the Academy pada Jumat (1/4). Ia menyatakan keluar dari keanggotaan Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) beberapa hari setelah menampar Chris Rock di atas panggung Piala Oscar 2022.

Will Smith menampar wajah Chris Rock setelah sang komedian menyinggung penampilan Jada Pinkett Smith yang menderita alopecia, penyakit autoimun yang menyebabkan kerontokan rambut.

"Saya mengundurkan diri dari keanggotaan Academy of Motion Picture Arts and Sciences, dan akan menerima konsekuensi lebih lanjut yang dianggap pantas oleh Dewan," kata Will Smith lewat pernyataan resmi seperti dilansir CNN, Jumat (1/4/2022) waktu AS.

"Perubahan membutuhkan waktu dan saya berkomitmen bekerja untuk memastikan tidak akan lagi melakukan kekerasan dengan alasan apa pun."

Pengunduran diri juga diumumkan beberapa hari setelah Will Smith memenangkan piala Aktor Terbaik dalam Oscar 2022. Piala tersebut diraih berkat perannya sebagai Richard Williams, ayah dari petenis Serena dan Venus Williams, dalam film King Richard.

Piala Oscar tersebut adalah yang pertama kalinya bagi Will Smith setelah sebelumnya dua kali mendapatkan nominasi.

Sehingga, banyak pihak mulai mempertanyakan nasib piala Oscar tersebut.

Seperti diberitakan Variety pada Jumat (1/4/2022), Will Smith hingga kini masih bisa menyimpan piala kemenangannya tersebut.

Tak hanya itu, Will Smith juga masih berkesempatan diundang ke acara Piala Oscar tahun-tahun mendatang, bahkan dipertimbangkan untuk masuk nominasi.

Pengunduran diri itu kini membuat Will Smith tak lagi menjadi voter dalam the Academy. Anggota AMPAS selama ini berhak memberikan suara dalam menentukan pemenang Academy Awards.

Namun, the Academy berencana terus melanjutkan proses pendisiplinan dan penyelidikan formal pada 18 April. Proses itu menjadi kesempatan organisasi tersebut bisa menjatuhkan sanksi atau hukuman lebih lanjut sesuai peraturannya.

The Academy akan melakukan pemungutan suara untuk menentukan sanksi dan memberikan kesempatan bagi Will Smith untuk membuat pernyataan tertulis.
"Pada rapat Dewan selanjutnya pada 18 April, the Academy akan mengambil tindakan disipliner, yang mungkin termasuk penangguhan, pengusiran, atau sanksi lain yang diizinkan oleh Anggaran Rumah Tangga dan Standar Perilaku," tulis pernyataan the Academy.

Sementara itu, Will Smith sebelumnya sudah buka suara dan meminta maaf secara terbuka kepada Chris Rock, the Academy, dan seluruh pihak terkait termasuk penonton atas tindakannya itu.

Will Smith menyebut tindakannya "tidak bisa diterima dan tidak bisa dibenarkan".

"Kekerasan dalam segala bentuknya adalah beracun dan merusak. Perilaku saya di Academy Awards tadi malam tidak dapat diterima dan tidak dapat dibenarkan," tulis Will Smith.

Hingga kini, Will Smith secara terbuka menyatakan mundur dari keanggotaan the Academy. Hal tersebut diumumkan setelah ia dikabarkan telah melakukan pertemuan virtual dengan pimpinan pihak penyelenggara Oscar pada Selasa (29/3).

Sumber mengatakan Presiden Academy David Rubin dan CEO Dawn Hudson berbicara dengan Will Smith selama sekitar 30 menit dan membahas dampak insiden itu. Will Smith juga meminta maaf kepada Rubin dan Hudson atas kejadian tersebut.

Topik Menarik