Juara Bertahan Indonesia Berada di Grup yang Berat

Juara Bertahan Indonesia Berada di Grup yang Berat

Nasional | jawapos | Jum'at, 1 April 2022 - 18:27
share

JawaPos.com- Undian fase grup putaran final Piala Thomas dan Uber 2022 berlangsung di Bangkok, Thailand, hari ini (1/4). Tim putra dan putri Indonesia berada di grup yang tidak mudah.

Tim Uber Indonesia tergabung di Grup A bersama Jepang, Prancis, dan Jerman. Menjadi unik karena negara-negara itu juga menghuni Grup A Piala Uber 2020 yang tergelar Oktober 2021.

Sementara tim putra Indonesia yang berstatus sebagai juara bertahan berada di grup A Piala Thomas. Menjadi unggulan pertama, Indonesia berada bersama Korea Selatan, tuan rumah Thailand, dan Singapura.

Putaran final sendiri akan bergulir pada 8 sampai 15 Mei di Impact Arena, Bangkok, Thailand.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky mengatakan bahwa hasil undian ini tidak mudah. Kekuatan memang hampir-hampir sama dengan tahun lalu karena rentang waktunya tidak terlalu lama, ucap Rionny dikutip dari siaran pers PP PBSI.

Menurut Rionny, Korea Selatan, Thailand, dan Singapura memiliki kekuatan yang tidak bisa dipandang enteng.

Tahun lalu, kita juga berada di grup yang berat. Tetapi para pemain bisa fokus satu demi satu hingga ke delapan besar, semifinal, sampai final, dan juara. Itu menjadi pelajaran dan pengalaman kita. Mudah-mudahan nanti bisa maksimal dan mempertahankan gelar juara, ucap Rionny.

Untuk tim Uber, agak lucu ya karena ini sama persis dengan tahun lalu. Positifnya kami sedikit banyak sudah tahu kekuatan masing-masing dan bisa evaluasi lebih baik untuk melawan Jepang, Jerman, dan Prancis. Kalau runner-up grup saya yakin mereka bisa. Tetapi untuk menjadi juara grup harus lebih bekerja keras, tambah Rionny.

Rionny mengatakan bahwa materi pemain lawan tidak akan jauh berbeda. Tetapi dia tetap mewaspadai kehadiran pemain-pemain baru di tim lawan. Persaingan tidak akan jauh berbeda, kekuatan lawan juga saya rasa seperti itu. Tapi mungkin ada satu dua pemain baru yang akan tampil dan itu kita harus waspadai karena permainannya belum diketahui, kata Rionny.

Intinya kita tidak boleh lengah, tegas Rionny.

Penyelenggaraan putaran final Piala Thomas dan Uber 2022 yang berdekatan dengan gelaran SEA Games 2021 membuat PBSI akan membagi dua tim berbeda dengan kekuatan merata. Rionny memastikan tidak ada pemain yang sama ikut dalam dua ajang tersebut.

Ini agar persiapan para pemain berjalan lancar dan fokus. Semoga kita bisa meraih prestasi maksimal, tambah adik kandung Richard Mainaky dan kakak Rexy Mainaky tersebut.

Penutupan pendaftaran nama pemain pada Piala Thomas dan Uber 2022 jatuh pada 22 April 2022. PBSI akan menunggu tanggal tersebut sebelum mengumumkan skuadnya.

Optimisme membuncah dari salah satu pahlawan tim Thomas Indonesia tahun lalu, Fajar Alfian. Partner dari Muhammad Rian Ardianto itu yakin tim Indonesia mampu mempertahankan gelar.

Menurut saya peluang cukup terbuka, sama seperti tahun lalu. Kurang lebih tidak ada perbedaan dari skuad negara lain, sahut Fajar.

Untuk tim Indonesia sendiri, saya optimistis bisa mempertahankan gelar Piala Thomas. Pemainnya memang belum ditunjuk, tapi yang jelas siapa pun yang ditunjuk nanti harus siap dan tampil mati-matian, tambah Fajar.

Undian Grup Piala Thomas & Uber 2022

Piala Thomas
Grup A
Indonesia
Korea
Thailand
Singapura

Grup B
Denmark
Tiongkok
Prancis
Aljazair

Grup C
Taiwan
India
Jerman
Kanada

Grup D
Jepang
Malaysia
Inggris
Selandia Baru

Piala Uber
Grup A
Jepang
Indonesia
Prancis
Jerman

Grup B
Tiongkok
Taiwan
Spanyol
Australia

Grup C
Thailand
Denmark
Malaysia
Mesir

Grup D
Korea
India
Kanada
Amerika Serikat

Topik Menarik