Loading...
Loading…
Romo Benny:  Karang Taruna Garda Terdepan Pembumian Pancasila

Romo Benny: Karang Taruna Garda Terdepan Pembumian Pancasila

Nasional | koran-jakarta.com | Rabu, 16 Maret 2022 - 18:37

SUMSEL - Karang taruna menjadi ujung tombak dari slogan berpikir global dan bertindak lokal. Berisi para pemuda, karang taruna memiliki modal banyak untuk membumikan Pancasila.

"Sekarang eranya medsos, nah bagaimana karang taruna bisa membanjiri medsos dengan konten-konten kearifan lokal, itu sudah upaya untuk membumikan Pancasila, memberi warna pada globalisasi," kata Romo Benny Susatyo saat menjadi pembicara dalam Seminar Aktualisasi Nilai Nilai Pancasila di Lingkungan Karang Taruna, pada Rabu (16/3).

Menurut Romo Benny, globalisasi membawa banyak kesempatan sekaligus ekses negatif. Yang paling terasa dari kuatnya media sosial mempengaruhi kehidupan pemuda adalah mudahnya penyebaran kebohongan atau hoax yang mendorong mudahnya terjadinya pertengkaran dan perpecahan.

Karenanya, karang taruna musti sadar dengan potensinya, potensi daerah sehingga bisa fokus dengan keunggulannya sendiri.

"Narasi-narasi negatif kebangsaan musti bisa diputus oleh karang taruna di masing-masing daerahnya dengan fokus pada keunggulan daerah, jangan dicerai-berai oleh narasi negatif," kata Romo Benny.

Seminar yang diadakan Kedeputian Bidang Pengendalian dan Evaluasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila di Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, tersebut, menurut Romo Benny merupakan wujud usaha nyata pembumian Pancasila kepada salah satu komponen bangsa yang paling penting yaitu pemuda. (*)

Original Source

Topik Menarik