Anies Baswedan Bawa Tanah Kampung Akuarium ke IKN Kaltim

Anies Baswedan Bawa Tanah Kampung Akuarium ke IKN Kaltim

Nasional | genpi.co | Minggu, 13 Maret 2022 - 20:30
share

GenPI.co - Gubernur DKI Anies Baswedan membawa tanah dari Kampung Akuarium Jakarta Utara ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

"Setiap gubernur ditugaskan untuk membawa tanah dan air dari provinsinya untuk dibawa ke Kalimantan Timur," kata Anies melalui akun instagram @aniesbaswedan di Jakarta, Minggu (13/3).

menurut Anies, tanah tersebut dicangkul dan dikumpulkan langsung oleh beberapa warga kemudian ditampung di besek bambu.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu memberikan alasan mengambil tanah dari kawasan Kampung Akuarium itu untuk menghadirkan harapan pembangunan kota baru agar tidak memarjinalkan rakyat kecil.

Dia berharap pembangunan IKN nantinya akan memberikan kemajuan dan kebahagiaan bagi semua khususnya rakyat kebanyakan.

Anies berharap tanah yang diantarkan ke lahan ibu kota negara baru itu semoga mencerminkan cita-cita mendasar Republik Indonesia.

"Kembalinya kehidupan masyarakat di Kampung Akuarium menjadi simbol atas kembalinya cita-cita dasar pendirian Republik Indonesia yaitu menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," katanya.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo rencananya akan berkemah dan menginap di titik nol IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3).

Presiden Jokowi berencana melakukan ritual Kendi Nusantara bersama 33 gubernur se-Indonesia.

Para gubernur yang hadir diinstruksikan membawa air dan tanah dari masing-masing daerah asal, kemudian disatukan dalam Kendi Nusantara yang disimpan di Titik Nol IKN Indonesia baru bernama Nusantara. (ANT)

Video viral hari ini:

Topik Menarik