Jabar, Jateng dan DIY Berpotensi Diguyur Hujan Lebat Hari Ini

Jabar, Jateng dan DIY Berpotensi Diguyur Hujan Lebat Hari Ini

Nasional | okezone | Minggu, 13 Maret 2022 - 07:00
share

JAKARTA Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini terhadap potensi hujan lebat dan dampaknya yang dapat memicu bencana hidrometeorologi di seluruh wilayah Indonesia, yang berlaku pada 13-14 Maret 2022.

Tiga provinsi yakni Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng) dan DI Yogyakarta masuk kategori siaga. Sementara 13 provinsi lainnya masuk kategori waspada.

Jawa Barat, Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta esok hari 13 Maret 2022 berada dalam kategori Siaga terhadap dampak dari potensi hujan lebat. Sementara itu, 25 Provinsi lainnya dalam kategori Waspada, tulis Prakirawan BMKG dalam akun instagramnya @infobmkg dikutip Minggu (13/3/2022).

Untuk itu, BMKG mengimbau agar masyarakat dapat mengantisipasi kemungkinan bencana hidrometeorologi yang mungkin terjadi.

Oleh karena itu sobat BMKG harap mengantisipasi kemungkinan bencana hidrometeorologi yang dapat terjadi dan melakukan langkah-langkah pencegahan sesuai infografis, imbaunya.

Untuk Jawa Barat, Pangandaran, Tasikmalaya dan Kota Tasikmalaya masuk kategori siaga. Sementara yang masuk kategori waspada di antaranya, Garut, Ciamis, Kota Sukabumi, Kota Bekasi, Bogor, Kota Banjar, Bandung, Sukabumi, Cianjur, Kota Depok dan Kota Bogor.

Di Jawa Tengah, Purworejo dan Cilacap masuk kategori siaga. Untuk peringatan waspada meliputi Kota Surakarta, Klaten, Wonosobo, Magelang, Banyumas, Batang, Brebes, Sukoharjo, Kebumen, Banjarnegara, Kota Magelang, Pekalongan dan Tegal.

Topik Menarik