Loading...
Loading…
Resep dan cara membuat kue cucur, bersarang sempurna dan antigagal

Resep dan cara membuat kue cucur, bersarang sempurna dan antigagal

Nasional | brilio.net | Kamis, 10 Maret 2022 - 20:03

Brilio.net - Kue tradisional, seperti kue cucur memang nggak pernah kehilangan penggemarnya. Kue tradisional ini masih banyak diburu para penikmat jajanan Indonesia. Rasanya yang legit dengan tekstur adonan yang bersarang bikin kue cucur selalu menggugah selera.

Kue cucur cukup mudah dibuat karena bahan-bahan digunakan sederhana. Kamu bisa menggunakan gula merah, gula pasir, atau gula aren untuk campurannya. Berikut resep lengkapnya, dilansir BrilioFood dari akun @wawawiati.

foto: Instagram/@wawawiati

Bahan: - 340 ml air - 150 gr gula merah - 1/2 sdt garam - 2 lembar daun pandan - 125 gr tepung beras - 125 gr tepung terigu

Cara membuat: 1. Campur rata tepung beras dan terigu, ayak. Sisihkan. 2. Masak air, gula, garam dan daun pandan cukup sampai gula larut. Biarkan sampai hangat. 3. Tuang kurang lebih 1 gelas larutan gula ke dalam tepung, aduk rata. Pada tahap ini adonan masih sangat kental, mixer dengan speed rendah selama kurang lebih 5 menit atau bisa dikocok dengan sendok kayu atau whisker sekitar 7-10 menit sampai adonan licin dan likat. 4. Tuang sisa larutan gula ke dalam adonan. Aduk sampai benar-benar tercampur rata. Diamkan minimal 1 jam. 5. Siapkan wajan kecil yang cekungannya agak dalam. Panaskan sedikit minyak dalam wajan (kurang lebih 3 sendok sayur kecil), gunakan api sedang cenderung kecil dan pastikan minyak benar-benar panas saat adonan mau dimasukkan. 6. Tuang 1 sendok sayur adonan, kecilkan api, setelah seratnya mulai terbentuk, siram-siram kue dengan minyak sampai terlihat menggembung di tengahnya. 7. Jika tengah-tengah cucur sudah menggembung tusuk dengan lidi atau tusuk gigi untuk tes kematangan. Balik cucur sebentar lalu angkat dan tiriskan.

Baca Juga :
5 Jajanan Tradisional yang Tak Lekang Dimakan Zaman

Original Source

Topik Menarik