Loading...
Loading…
Wako Batam Minta Lahan Fasum Diserahkan kepada Pemerintah

Wako Batam Minta Lahan Fasum Diserahkan kepada Pemerintah

Nasional | genpi.co | Selasa, 15 Februari 2022 - 11:24

GenPI.co - Wali Kota Batam Muhammad Rudi mendorong kepada para pengembang agar lahan fasum dan fasos diserahkan kepada pemerintah. Dorongan ini menurutnya demi kepentingan masyarakat juga.

Kalau tak ini akan jadi masalah, kata Rudi, saat memberikan sambutan dalam pembukaan REI Expo Batam 2022 di Grand Batam Mall, Senin (14/2/2022) sore.

Selama ini lahan fasum dan fasos di Batam memang dikelola sendiri oleh pengembang. Kadang juga diserahkan kepada masyarakat begitu saja masih dalam bentuk lahan kosong.

Masyarakat yang menempati perumahan tersebut menjadi punya tambahan pekerjaan untuk mengelola fasum dan fasosnya. Penguhuni perumahan tersebut akhirnya harus dipungut sumbangan untuk pembangunan di fasum atau fasos.

Dengan diserahkan kepada pemerintah, lahan itu akan dipetakan sesuai kebutuhan masyarakat setempat. Hal itu sesuai Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 9 Tahun 2009 tentang Pedoman Penyerahan Prasarana, Sarana dan Utilitas Perumahan dan Permukiman di Daerah.

Dasar hukum lainnya adalah UU Nomor 1 tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman Pasal 47 ayat 4. Serta, Perda Kota Batam No 2 tahun 2011 Pasal 114.

Kemudian juga Keputusan Walikota Batam Nomor : KPTS.96/HK/II/2018 Tentang Tim Verifikasi, Tim Teknis Dan Sekretariat Tim Penyerahan Prasarana, Sarana Dan Utilitas Perumahan Dan Permukiman Kota Batam.

Rudi mencontohkan, jika dikelola pemerintah lahan fasum atau fasos itu dapat dibangun sekolah atau rumah ibadah. Manfaatnya pun akan lebih terasa bagi masyarakat yang tinggal di kawasan perumahan.

Rudi mengaku sering berpesan pada bagian fatwa planologi yang mengurusi perihal lahan di Batam untuk berkoordinasi dengan pengembang.

Dia juga berharap Real Estate Indonesia (REI) dapat menyukseskan harapan itu.

Ini mesti kita dudukkan, supaya kita aman sejak dari awal, supaya di belakang tidak disibukkan selesaikan itu saja, kata Rudi. (asrul)

Jangan sampai ketinggalan! Kamu sudah lihat video ini ?

Original Source

Topik Menarik

{