Gunung Anak Krakatau Alami Erupsi, Semua Warga Diimbau Waspada

Gunung Anak Krakatau Alami Erupsi, Semua Warga Diimbau Waspada

Nasional | genpi.co | Minggu, 6 Februari 2022 - 21:20
share

GenPI.co - Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari melaporkan Gunung Anak Krakatau dilaporkan mengalami erupsi hingga sembilan kali, pada Jumat (4/2/2022) lalu.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat, erupsi itu terjadi pada pukul 09.43, 10.25, 10.28, 12.46, 13.00, 13.31, 13.41, 14.46, dan 17.07 dengan tinggi kolom abu berkisar 800-1.000 meter di atas puncak dan warna kolom kelabu-hitam tebal.

Berdasarkan pemantauan visual oleh PVMBG, terdapat indikasi bahwa erupsi yang terjadi merupakan tipe magmatik, sejalan dengan kegempaan vulkanik yang terekam.

Kegempaan gunung yang terletak di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung sendiri telah terjadi sejak 16 Januari hingga 4 Februari 2022.

Awalnya ditandai dengan terekamnya gempa-gempa vulkanik dan gempa permukaan yang mengindikasikan adanya intrusi magma dari bawah ke permukaan secara bertahap.

Dari data pemantauan secara visual dan instrumental mengindikasikan bahwa gunung Anak Krakatau masih berpotensi terjadi erupsi.

"Potensi bahaya dari aktivitas Gunung Anak Krakatau saat ini dapat berupa lontaran lava pijar, material piroklastik maupun aliran lava. Hujan abu lebat secara umum berpotensi di sekitar kawah di dalam radius 2 km dari kawah aktif," ujar Abdul Muhari dalam keterangannya, Minggu (6/2/2022).

Sementara itu, hujan abu yang lebih tipis dapat menjangkau area yang lebih luas bergantung pada arah dan kecepatan angin.

Untuk saat ini dilaporkan tingkat aktivitas Gunung Anak Krakatau ditetapkan pada Level II (Waspada).

PVMBG merekomendasikan agar masyarakat tidak mendekati dan beraktivitas di dalam radius 2 km dari kawah aktif.

Masyarakat diharapkan dapat mematuhi rekomendasi yang dikeluarkan oleh Badan Geologi melalui PVMBG.

Selain itu, masyarakat turut diimbau agar tidak terpancing dan meneruskan berita-berita yang tidak benar dan tidak bertanggung jawab mengenai aktivitas Gunung Anak Krakatau.

"Saat ini beredar video-video erupsi gunung api Anak Krakatau tahun 2018 yang seakan-akan merupakan kondisi gunungapi tersebut saat ini. Mohon tidak meneruskan berita-berita yang tidak benar," tuturnya.(*)

Video populer saat ini:

Topik Menarik