Inilah Video Detik-Detik Pembongkaran Botol Sabun Cair yang Berisi Sabu di Lapas Tulungagung

Inilah Video Detik-Detik Pembongkaran Botol Sabun Cair yang Berisi Sabu di Lapas Tulungagung

Nasional | jatimtimes.com | Jum'at, 21 Januari 2022 - 20:45
share

JATIMTIMES - Upaya penyelundupan puluhan paket sabu dan dobel L kembali digagalkan petugas Lapas kelas II B Kabupaten Tulungagung. Barang yang disimpan dalam kemasan sabun cair merk Shinzui ini awalnya tidak mencurigakan.

Namun setelah diperiksa dengan menggunakan kawat, ternyata di dalam botol sabun cair itu ditemukan barang.

Inilah video saat dilakukan pembukaan botol sabun dan ditemukan sejumlah barang yang belum sempat masuk ke dalam Lapas.

Kalapas Tulungagung dalam rilisnya mengatakan, barang haram itu masuk ke Lapas dengan modus melalui titipan barang oleh pengunjung.

"Barang akan dimasukkan ke dalam Lapas Kelas IIB Tulungagung melalui titipan barang kunjungan," kata Tunggul, Jumat (21/01/2022).

Lanjutnya, kejadian pengungkapan ini pada Kamis (20/01/2022) jam 11.00 wib kemarin.

Barang haram yang berhasil digagalkan itu berupa narkoba jenis sabu dan double L.

Disebutkan Kalapas, sekitar jam 10.35 wib, pengunjung berinitial DWP beralamat di Dusun Ngipik RT 003 RW 001 Desa Bangooan, Kecamatan Keduangwaru.

"Pelaku ini awalnya mendaftarkan diri Ke Loket 1 Layanan Terpadu Satu Pintu (LTSP) guna menitipkan barang bawaan kunjungan yang ditujukan kepada narapidana atas nama BS," ujarnya.

Sesuai dengan nomor antrian, pada jam 10.50 DWS, menyerahkan barang titipan kepada petugas penggeledahan.

Adapun barang yang digeledah berupa kacang merk Sukro, sabun cair merek Shinzui.

"Kemudian petugas kami melakukan penggeledahan dan pengecekan barang bawaan dengan menggunakan alat bantu kawat," ungkapnya.

Petugas melakukan pemeriksaan pada botol sabun cair merek Shinzui dan pada saat dilakukan pengecekan dengan kawat terdapat kejanggalan karena didalam botol sabun dirasakan ada sesuatu yang mengganjal.

"Petugas mengambil tindakan dengan pemanggilan kepada pengunjung untuk digeledah lebih lanjut," imbuhnya.

Setelah dibuka dengan cutter, botol sabun cair merek Shinzui, didapati bungkusan mencurigakan yang kemudian dibuka dan ternyata berisi 31 paket sabu-sabu seberat 35,27 gr beserta bungkusnya, pil double L 40 butir, 8 buah pipet dan 2 buah kartu perdana.

"Pengunjung telah kita serahkan ke Polres Tulungagung beserta barang bukti, saat ini kita juga melakukan pengembangan pada kasus ini," tegasnya.

Atas keberhasilan ini, Lapas Tulungagung akan semakin meningkatkan pengamanan dan kewaspadaan terkait penggeledahan barang titipan kunjungan dan keluar masuk barang atau orang melewati pintu utama.

Topik Menarik