Bacaan surat At Tin bahasa Arab, latin dan artinya

Nasional | brilio.net | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 06:43
Bacaan surat At Tin bahasa Arab, latin dan artinya

Brilio.net - Dalam ajaran Islam, setiap kaum muslim dianjurkan untuk mengamalkan ayat-ayat suci Alquran dalam kehidupan sehari-hari. Seperti yang diketahui, sebagai pedoman hidup umat Islam Alquran terdiri atas 114 surat, 30 juz dan 6236 ayat. Bagi mereka yang rutin membaca Alquran akan mendapat syafaat kelak di akhirat serta di masukkan ke surga Allah SWT.

Mempelajari dan mengamalkan ayat Alquran bisa dimulai dari surat-surat yang pendek. Satu diantaranya adalah surat At Tin yang hanya terdiri dari 8 ayat. Surat ini menjadi salah satu surat dalam Alquran yang sangat dianjurkan untuk dihafal dan dibaca.

Surat At Tin tergolong surat Makkiyah karena diturunkan di kota Makkah. Surat ini diturunkan setelah surat Al Buruj. Nama At Tin diambil dari kata 'At Tin' yang terdapat pada ayat pertama surah ini yang memiliki arti buah tin.

Selain menjelaskan tentang manfaat buahnya saja, surat At Tin dalam Alquran juga menunjukkan sumpah Allah SWT atas empat hal. Diantaranya demi buah tin, demi buah zaitun, demi bukit Sinai dan demi kota Makkah yang aman.

Terdapat keutamaan membaca surat At Tin bagi para umat Islam. Salah satunya mendapatkan pahala dan memberikan syafaat kepada pembacanya. Hal ini selaras dengan penjelasan Hadist Riwayat At Tirmidzi berikut ini.

"Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu pahala, dan satu pahala itu dilipatgandakan menjadi sepuluh pahala. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf." - HR At Tirmidzi

Bagi yang ingin mempelajari dan menghafalkannya, berikut bacaan surat At Tin bahasa Arab, latin dan artinya. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (6/1).

1. foto: litequran.net

wat-tni waz-zaitn.
Artinya: "Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun,"

2. foto: litequran.net

wa ri snn.
Artinya: "demi gunung Sinai,"

3. foto: litequran.net

wa hal-baladil-amn.
Artinya: "dan demi negeri (Mekah) yang aman ini."

4. foto: litequran.net

laqad khalaqnal-insna f asani taqwm.
Artinya: "Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya,"

5. foto: litequran.net

umma radadnhu asfala sfiln.
Artinya: "kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya,"

6. foto: litequran.net

illallana man wa 'amilu-liti fa lahum ajrun gairu mamnn.
Artinya: "kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan; maka mereka akan mendapat pahala yang tidak ada putus-putusnya."

7. foto: litequran.net

fa m yukaibuka ba'du bid-dn.
Artinya: "Maka apa yang menyebabkan (mereka) mendustakanmu (tentang) hari pembalasan setelah (adanya keterangan-keterangan) itu?"

8. foto: litequran.net

a laisallhu bi`akamil-kimn.
Artinya: "Bukankah Allah hakim yang paling adil?"


Artikel Asli