Cakap Tangani Ekonomi Saat Pandemi, Wajar Airlangga jadi Calon Favorit Pengganti Jokowi

Cakap Tangani Ekonomi Saat Pandemi, Wajar Airlangga jadi Calon Favorit Pengganti Jokowi

Nasional | rmol.id | Senin, 3 Januari 2022 - 02:00
share

RMOL. Hasil survei dari Panel Survei Indonesia menempatkan Airlangga Hartarto sebagai sosok yang paling diinginkan oleh publik untuk menggantikan Joko Widodo sebagai Presiden.

Hasil survei PSI ini mengukur keinginan masyarakat akan sosok Calon Presiden 2024 yang akan datang. Berdasarkan tiga aspek, yakni salah satunya aspek ekonomi, Airlangga menempati urutan pertama dengan raihan 18,3 persen mengungguli Prabowo Subianto.

Pengamat politik yang juga Dekan Fakultas Fiskom Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Royke R Siahainenia menilai hasil survei itu sejalan dengan kinerja Airlangga Hartarto sebagai Menteri Koordinator Perekonimian yang sangat cakap membantu Presiden Jokowi mengatasai persoalan ekonomi, terutama saat dihantam oleh pandemi Covid-19.

Bahkan, kata dia, Airlangga Hartarto bekerja keras dan tanpa mmunculkan sosoknya dalam menyelasaikan persoalan ekonomi saat ini.
Melihat hasil survei yang mengunggulkan Airlangga Hartarto, dia melihat bahwa hal itu membuktikan jika keinginan masyarakat tentang kepemimpinan nasional pasca Jokowi, yaitu ekonomi, dan lainnya.

Saya setuju dengan hasil survei yang mengunggulkan kinerja Airlangga Hartarto baik soal ekonomi dan soal sosok kepemimpinan nasional, kata Royke dalam keterangan terutulis, Minggu malam (2/1).

Disisi lain, pengamat politik ini juga menyarankan agar internal Golkar tetap solid dan menghindari konflik internal. Dengan begitu, maka elektabilitas tinggi Airlangga tetap terjaga.

Harus bisa menjaga atau mengurangi terjadinya konflik internal, dan dukungan Partai Golkar sangat dibutuhkan untuk menaikan elektabilitas Airlangga yang saat ini sudah baik, pungkasnya.

Lembaga survei Panel Survei Indonesia (PSI) merilis hasil survei terhadap kriteria kepemimpinan nasional 2024-2029 yang dinginkan oleh masyarakat.

Direktur Eksekutif PSI, Andri Gunawan menjelaskan, hasil survei ini memotret berupa keinginan masyarakat dalam kepemimpinan 2024-2029 yang akan datang.

Dikatakan Andre, masyarakat ingin calon pemimpin atau Calon Presiden (Capres) yang akan datang merupakan sosok yang kuat dalam tiga aspek yakni ekonomi, pemerintahan yang bersih dan pemerintahan yang mengutamakan stabilitas politik, keamanan nasional.

Dari hasil survei ini, lanjut Andre, jika pemilihan presiden digelar hari ini dan mengacu kepada tiga aspek kepemimpinan yakni ekonomi, pemerintahan yang bersih dan pemerintahan yang mengutamakan stabilitas politik, keamanan nasional maka Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto paling banyak dipilih responden dengan mengungguli Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Airlangga Hartarto sebagai tokoh yang diingin dan dipilih dengan tingkat elektabilitas 18,3 persen, di posisi kedua Prabowo Subianto 16,2 persen, Ganjar Pranowo 14,4 persen, Basuki Tjahja Purnama (Ahok) 5,9 persen, beber Andre. []

Topik Menarik