Breaking News: Resmi Jadi WNI, Maarten Paes Siap Perkuat Timnas Indonesia Lawan Irak?

Breaking News: Resmi Jadi WNI, Maarten Paes Siap Perkuat Timnas Indonesia Lawan Irak?

Nasional | karawang.inews.id | Selasa, 30 April 2024 - 13:21
share

JAKARTA , iNewsKarawang . id -Pada hari ini, Selasa (30/4/2024) pagi WIB, Kiper FC Dallas Maarten Paes, resmi menjadi Warga NegaraIndonesia (WNI).
Kabar itu disampaikan akun Instagram @futboll.indonesiaa.

OFFICIAL! Maarten Paes Resmi Jadi WNI Tadi pagi usai jalani sumpah WNI di Jakarta, tulis akun Instagram @futboll.indonesiaa, sembari menampilkan foto Maarten Paes mengenakan jas Bersama pegawai Kemenkumham Kanwil DKI Jakarta.

"Tiba tiba tidak ada angin tidak ada hujan langsung sumpah WNI, sambung laporan tersebut.

Sejatinya, proses naturalisasi Maarten Paes sudah rampung pada pertengahan Maret 2024 berbarengan dengan Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen. Namun, karena kesibukannya bersama sang klub, FC Dallas, Maarten Paes belum bisa mengambil sumpah WNI.

Baru pada hari ini, kiper 26 tahun itu akhirnya mendapatkan paspor dan KTP Indonesia. Setelah mendapatkan paspor Indonesia, langkah selanjutnya bagi Maarten Paes adalah menunggu hasil sidang di Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Sebelumnya, proses naturalisasi Maarten Paes harus masuk CAS karena kiper yang satu ini dinilai melanggar persyaratan artikel 9 ayat 2 peraturan FIFA soal pergantian asosiasi.

Di dalam artikel itu berbunyi, seseorang bisa berganti tim nasional jika berusia di bawah 21 tahun saat terakhir kali membela sang tim nasional pertama, baik di level junior maupun senior, dalam pertandingan resmi. Sang pemain juga wajib lebih dari tiga tahun tidak membela sang tim nasional, plus tidak mempunyai caps lebih dari tiga kali.

Menjadi masalah karenaMaarten Paesmembela Timnas Belanda U-21 di Kualifikasi Piala Eropa U- 21 2021 pada 15 November 2020 di usia 22 tahun! Meski begitu, masih ada celah yang dapat dimanfaatkan PSSI agar sang penjaga gawang dapat memperkuat Timnas Indonesia.

Contohnya adalah pemain asal Suriah, Abdul Rahman Oues. Ia sempat memperkuat Timnas Yunani U-21 di usia 22 tahun pada 2021, namun bisa mendapatkan paspor Suriah setahun kemudian.

Jika proses di CAS berjalan lanaer, Maarten Paes diharapkan bisa turun pada Juni 2024. Pada 6 dan 11 Juni 2024, Timnas Indonesia akan menjamu Irak dan Filipina di dua laga sisa Grup F Kualfiikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Topik Menarik