Pilwalkot Surabaya, Popularitas Eri Cahyadi Bersaing dengan Ahmad Dhani

Pilwalkot Surabaya, Popularitas Eri Cahyadi Bersaing dengan Ahmad Dhani

Terkini | inews | Senin, 6 Mei 2024 - 20:22
share

SURABAYA, iNews.id – Lembaga Survei We Institute merilis tingkat popularitas bakal calon wali kota Surabaya yang akan bertarung pada Pilwalkot Surabaya 2024.

Dari hasil survei terungkap, popularitas Eri Cahyadi yang masih menjabat Wali Kota Surabaya masih cukup tinggi, sehingga memungkinkan untuk maju kembali ke Pilwalkot November 2024. Eri Cahyadi bersaing dengan Ahmad Dhani yang kemungkinan akan diusung Partai Gerindra.

“Berdasarkan hasil survei, popularitas Eri Cahyadi mencapai 99,8 persen disusul dengan Wakil Wali Kota Surabaya Armuji 94 persen. Yang menarik, nama Ahmad Dhani dari Partai Gerindra juga turut menjadi sosok populer di kalangan masyarakat yakni 90 persen,” kata Direktur We Institute, Sugeng Siswanto, Senin (6/5/2024). 

Dia menilai, jika rekomendasi DPP PDIP nantinya tidak turun pada pasangan Eri-Armuji, kemungkinan akan terjadi pecah poros. Eri-Armuji bisa saling maju dengan pasangan yang berbeda.

“Misalnya, Pak Eri berpasangan dengan kader dari Partai Gerindra mengingat parpol penguasa saat ini bukan lagi PDIP melainkan Partai Gerindra. Sejumlah nama kader Gerindra bisa menjadi opsi seperti Ahmad Dhani, Cahyo Haryo Prakoso dan Bambang Haryo. Sedangkan Armuji melaju dengan Fuad Bernadi sesama kader banteng (PDIP) yang juga anak Mensos Tri Rismaharini,” katanya.

Sugeng mengatajan, bentuk lamaran Eri Cahyadi ke sejumlah parpol untuk maju ke pilwali diduga karena Eri tidak cukup percaya diri maju hanya dengan PDIP. Sehingga membutuhkan dukungan dari parpol lain.

“Bisa jadi hubungan Eri Cahyadi dengan Tri Rismaharini sebagai pemberi rekom pada pilwali lalu mulai renggang. Besar kemungkinan jika Risma tak lagi memberikan rekom Eri ke DPP PDIP, namun justru ke Armuji dan Fuad Bernadi,” katanya.

Topik Menarik