Jumlah Penumpang Whoosh Tembus 21.000 Orang, KCIC: Seperti Commuter Line

Jumlah Penumpang Whoosh Tembus 21.000 Orang, KCIC: Seperti Commuter Line

Ekonomi | inews | Senin, 6 Mei 2024 - 10:26
share

JAKARTA, iNews.id - PT KCIC menjelaskan saat ini jumlah penumpang Kereta Cepat Whoosh sudah mencapai 21.000 orang. Angka ini digadang-gadang seperti kereta commuter line (KRL).

Menurut General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa peningkatan animo pengguna Whoosh terjadi sejak awal bulan Mei ini. Maka dari itu, pihaknya menambah perjalanan per harinya sehingga jumlah penumpang ikut bertambah. 

"Saat ini weekday rata-rata nya semakin meningkat di angka 16.000 penumpang, sementara weekend atau libur panjang bisa mencapai 21.000 penumpang," kata Eva kepada iNews.id, Senin (6/5/2024). 

Eva mengatakan, pelayanan Whoosh ini pun sama dengan KRL. Lantaran kenaikan jumlah penumpang yang semakin hari, semakin sibuk layaknya penumpang KRL commuter Line Jabodetabek. 

"Kita memberikan pilihan jadwal yang lebih banyak menggunakan whoosh karena saat ini sudah seperti commuter line," tutur dia. 

Lebih lanjut, Eva menuturkan per bulan Mei 2024 ini, pihaknya memerlukan penambahan jumlah perjalanan reguler guna memenuhi permintaan penumpang kereta Whoosh yang meningkat. Dia mengatakan, KCIC kini mengoperasikan 48 perjalanan reguler kereta cepat Whoosh per harinya. 

"Beroperasinya 48 perjalanan harian kereta cepat Whoosh ini didasari pada hasil evaluasi pada periode sebelumnya yang menunjukan meningkat 20 persen dibanding perjalanan reguler di bulan April sebanyak 40 perjalanan," ucap dia. 

Eva menambahkan, secara berangsur-angsur perjalanan Whoosh ini meningkat berdasarkan data perjalanan yang dirangkum jajarannya. Ia memaparkan Whoosh beroperasi dari 14 perjalanan di awal peluncurannya, kini sudah melambung menjadi 48 perjalanan di bulai Mei. 

"Dengan tarif mulai dari Rp150.000, hal ini sekaligus menunjukan bahwa Kereta Cepat Whoosh diminati masyarakat dari waktu ke waktu," kata Eva. 

Sekadar informasi, jadwal keberangkatan Whoosh pertama dari Stasiun Halim dimulai dari pukul 06.40 WIB dan dari Stasiun Tegalluar dari pukul 5.50 WIB. Sedangkan jadwal terakhir dari kedua stasiun adalah pukul 20.30 WIB, seluruh jadwal keberangkatan dihadirkan berdasarkan kebutuhan penumpang.

Topik Menarik