Bendera Merah Putih Disebut Terbalik di Uber Cup 2024, PBSI Bilang Begini

Bendera Merah Putih Disebut Terbalik di Uber Cup 2024, PBSI Bilang Begini

Olahraga | inews | Minggu, 5 Mei 2024 - 13:44
share

CHENGDU, iNews.id - Media sosial heboh membicarakan bendera Merah Putih yang disebut terbalik dalam upacara penyerahan medali dan penghormatan juara Uber Cup 2024.

Bendera Merah Putih membentang vertikal saat momen tersebut. Sehingga, terlihat seolah terbalik. Namun, PBSI mengonfirmasi, bendera tersebut sudah benar dan sesuai pedoman.

Indonesia finis di posisi runner-up usai kalah 0-3 dari China di Hi-Tech Zone Sports Centre Gymnasium, Chengdu, China, Minggu (5/5/2024) siang WIB.

Meski kalah, performa tim Uber Indonesia tetap mendapat apresiasi. Pasalnya hasil ini merupakan sebuah kejutan karena Tim bulu tangkis putri Indonesia tidak diprediksi akan melangkah jauh hingga ke partai puncak.

Akan tetapi, pada perayaan medali ada yang menarik perhatian warganet ketika bendera dari negara juara, runner-up, dan semifinalis dikibarkan usai penyerahan medali. 

Posisi bendera yang vertikal ternyata menjadi sorotan. Pasalnya jika dibandingkan dengan China yang merupakan sang juara dan tuan rumah, posisi Indonesia berlawanan. Pada posisi vertikal, bendera China diputar ke arah kanan, sedangkan Indonesia ke arah kiri.

Hal ini sempat menimbulkan kehebohan karena posisi tersebut dianggap terbalik dan menjadi bendera Polandia. Namun, hal itu langsung ditepis PBSI melalui akun resmi X, bahwa posisi tersebut sudah benar.

"Ini tidak terbalik ya. Sudah sesuai dengan pedoman dan sudah kami konfirmasi juga ke panitia penyelenggara," tulis pernyataan PBSI, di akun X, @INAbadminton.

Pedoman ini mengacu pada Flag Protocol IOC untuk Olimpiade. Pada pedoman tersebut tergambar tata cara dari masing-masing negara jika benderanya dipasang secara vertikal.

Bendera Indonesia memang diputar ke arah kiri untuk vertikal, sedangkan China ke arah kanan. Sementara jika bendera Merah Putih diputar vertikal ke arah kanan justru itu adalah bendera Polandia.

Topik Menarik