Groundbreaking IKN Tahap 6 Mau Dilanjutkan? Ini Bocoran Tanggalnya

Groundbreaking IKN Tahap 6 Mau Dilanjutkan? Ini Bocoran Tanggalnya

Ekonomi | inews | Kamis, 2 Mei 2024 - 18:51
share

JAKARTA, iNews.id - Pelaksanaan groundbreaking proyek di Ibu Kota Negara (IKN) sempat absen selama 2 bulan di Maret dan April lalu. Lantas, kapan groundbreaking kembali dilanjutkan?

Menurut Juru Bicara (Jubir) Otorita IKN Troy Pantouw absennya groundbreaking di IKN bertujuan agar proyek sebelumnya selesai tepat waktu. Sebab, pembangunan ditargetkan dapat selesai pada pertengahan tahun ini.

Troy mengatakan, rencananya groundbreaking tahap 6 akan kembali dilakukan untuk beberapa proyek utamanya di sektor pendidikan, dan lainnya. Namun, ia mengaku hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan informasi pasti dari Sekretariat Negara.

Pasalnya, penyelenggaraan groundbreaking ini akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Masih belum ada kepastian jadwalnya (groundbreaking tahap 6) dari Protokol Istana," ujar Troy kepada iNews.id, Kamis (2/5/2024).

Pada kesempatan yang berbeda, Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono mengungkapkan pada groundbreaking tahap 6 di IKN nantinya akan difokuskan untuk menggarap sektor pendidikan. Bahkan institusi pendidikan asal Malaysia, juga disebut Bambang bakal merealisasikan investasinya ke IKN pada groundbreaking tahap 6.

"Soal groundbreaking nantinya bertema pendidikan, jadi ada beberapa institusi pendidikan. Saya spill aja, misalnya Al Azhar akan melakukan groundbreaking, ada sekolah Bina Bangsa, ada Universitas dari Malaysia," ujar Bambang di Kompleks Istana Kepresidenan, dikutip Rabu (24/4).

Selain itu, kampus kenamaan asal Amerika Serikat, Stanford University, disebut Bambang juga akan masuk ke IKN untuk membangun pusat riset atau penelitian. Proyek ini rencananya akan dikerjasamakan dengan pengusaha lokal yaitu Bakrie Foundation.

Topik Menarik