Turap Setinggi 4 Meter di Babakan Madang Bogor Longsor, 5 Bangunan Rusak

Turap Setinggi 4 Meter di Babakan Madang Bogor Longsor, 5 Bangunan Rusak

Terkini | inews | Rabu, 1 Mei 2024 - 18:52
share

BOGOR, iNews.id - Hujan deras yang mengguyur wilayah Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Selasa (30/4/2024) malam, mengakibatkan sebuah turap setinggi 4 meter longsor. Peristiwa ini menyebabkan 5 bangunan di sekitar rusak, termasuk sebuah warung yang tidak bisa digunakan kembali.

Menurut Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, M Adam, longsor terjadi akibat hujan deras dengan durasi lama. Turap yang longsor memiliki panjang 11 meter, tinggi 4 meter dan lebar 1,5 meter.

"Longsor ini disebabkan oleh hujan deras dengan durasi yang cukup lama," kata Adam dalam keterangannya, Rabu (1/5/2024).

Selain warung yang rusak, empat rumah lainnya juga terdampak longsoran. BPBD Kabupaten Bogor mengimbau warga di sekitar lokasi untuk berhati-hati dan waspada terhadap potensi longsor susulan, terutama jika terjadi hujan deras kembali.

"Dikhawatirkan apabila longsoran belum diperbaiki dan hujan turun kembali dengan waktu yang cukup lama akan mengakibatkan longsor susulan yang berdampak pada tingkat kerusakan," ujar Adam.

Petugas BPBD Kabupaten Bogor telah turun ke lokasi untuk melakukan penanganan darurat dan pendataan lebih lanjut. BPBD juga berkoordinasi dengan dinas terkait untuk memperbaiki turap yang longsor tersebut.

Topik Menarik