Arab Saudi Akan Tambah Penerbangan Indonesia untuk Jemaah Haji

Arab Saudi Akan Tambah Penerbangan Indonesia untuk Jemaah Haji

Terkini | inews | Selasa, 30 April 2024 - 17:22
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah akan menambah penerbangan untuk jemaah haji Indonesia 2024. Hal itu sudah dikoordinasikan dengan sejumlah pihak terkait.

"Telah melakukan koordinasi dan kerja sama terkait dengan penerbangan dari Arab Saudi maupun dari ke Indonesia untuk menambah penerbangan dari beberapa airport (bandara) di Indonesia untuk juga diterima di beberapa airport di Arab Saudi," kata Menteri Tawfiq usai bertemu dengan Menag Yaqut Cholil Qoumas di salah satu hotel di Jakarta, Selasa (30/4/2024).

Berdasarkan data, ada sebanyak 3.500 lebih penerbangan penerbangan secara langsung dari Indonesia ke Arab Saudi.

"Itu berarti dalam satu hari tidak kurang 10 flight atau penerbangan langsung dari Indonesia ke Arab Saudi dan itu menunjukkan bahwa perjalanan paling jauh penerbangan di dunia ini yang paling intensif adalah dari Indonesia ke Arab Saudi secara langsung," ucapnya.

Selain itu, Tawfiq juga mengeluarkan kartu pemberangkatan haji atau disebut kartu elektronik Nusuk haji. Kartu ini secara khusus diberikan pertama kali untuk jemaah haji Indonesia.

"Kartu elektronik Nusuk haji, adalah kartu yang memang dibuat khusus untuk memberikan pelayanan kepada jemaah haji yang di dalamnya terdapat informasi yang terkait dengan haji," ucapnya.

Dia menyebut bahwa kartu tersebut akan membantu jemaah mengetahui lokasi pelaksanaan ibadah haji. Pada kartu tersebut juga ada sertifikat selesai melaksanakan ibadah haji.

"Sehingga itu bisa menjadi kenangan yang indah bagi yang telah melaksanakan ibadah haji," kata dia.

Pada kesempatan itu, dia mengaku senang dan bergembira bertemu Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas beserta jajarannya. Dia berdiskusi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah Indonesia.

"Hari ini saya melakukan pertemuan dan diskusi yang sangat produktif dan cukup panjang dengan saudara saya Menteri Agama Republik Indonesia yang semuanya bermuara untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan kemudahan untuk jemaah haji dan jemaah umrah Indonesia," katanya.

Topik Menarik