Kurangi Emisi Karbon Kendaraan, TMMIN dan TAM Gelar Eco Youth

Kurangi Emisi Karbon Kendaraan, TMMIN dan TAM Gelar Eco Youth

Otomotif | inews | Selasa, 30 April 2024 - 14:29
share

JAKARTA, iNews.id - Tingginya emisi karbon berdampak pada lingkungan. Menyikapi itu, Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan PT Toyota-Astra Motor (TAM) menggelar Toyota Eco Youth (TEY).

Diketahui, kegiatan ini merupakan kompetisi perbaikan lingkungan hidup untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat, bertujuan meningkatkan kesadaran serta kepedulian generasi muda Indonesia. Memasuki gelaran ke-13, TEY dibuat untuk menjembatani kontribusi penanggulangan masalah lingkungan.

Untuk mengawalinya, digelar acara kick off TEY ke-13 dengan mengusung tema EcoActivism, Saatnya Beraksi Jaga Bumi yang berfokus pada upaya generasi muda melakukan dekarbonisasi. Acara diselenggarakan secara hybrid, bertempat di Museum Seni Rupa dan Keramik, Kota Tua Jakarta. 

“TEY berfokus pada upaya dekarbonisasi. Harapannya tidak hanya sebagai usaha menurunkan emisi, namun juga bagaimana menggali dan memanfaatkan kesempatan dalam peluang-peluang baru, yang bertujuan pengembangan ekonomi masyarakat," ujar Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam 

"Upaya dekarbonisasi tentunya memerlukan sinergi semua pihak sehingga meraih hasil nyata, tanpa terkecuali generasi muda sebagai pilar utama bagi kontribusi masa depan bumi yang lebih hijau," katanya.

Diinisiasi pada 2005, TEY hadir sebagai kompetisi gerakan penghijauan dan kepeduliaan lingkungan besutan Toyota Indonesia TMMIN dan TAM yang telah melibatkan partisipasi pelajar SMA atau sederajat hingga 1.700 SMA dari 34 provinsi di Indonesia, dengan total proposal proyek mencapai hampir 4.000 proposal. 

“Partisipasi aktif generasi muda dapat diwujudkan melalui aktifitas TEY ke-13 sebagai media inspirasi bagi inisiatif dan kreativitas untuk mengembangkan ide-ide sederhana menjadi inovasi dekarbonisasi, yang bermanfaat secara nyata bagi lingkungan sekitar,” ujar Bob Azam

Sementara itu, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto mengatakan, Toyota Indonesia berkomitmen melaksanakan Toyota Enviromental Challenge 2050, dengan menurunkan emisi kendaraan yang diproduksi, dan mendukung Net Zero Emission 2060 pemerintah Indonesia untuk menciptakan lingkungan bersih.

"Multi-Pathway Strategy, Toyota Indonesia menginisiasi It's time for everyone mengajak masyarakat berkontribusi melestarikan lingkungan sesuai kemampuannya, seperti memakai kendaraan elektrifikasi, dan melakukan langkah kecil namun berdampak positif,” ujarnya. 

Sadar generasi muda punya peran penting terhadap keberlanjutan bumi dan memerlukan wadah untuk hal tersebut, program TEY diharapkan menjadi media partisipasi aktif semua pihak. Khususnya, siswa di bangku sekolah menengah yang memiliki kesadartahuan dan kepedulian atas lingkungan di sekitarnya, sehingga menjadi aksi nyata bagi akselerasi target Pemerintah mencapai pengurangan emisi secara optimal di 2060. 

“Toyota terus mengembangkan berbagai cara untuk mencapai netralitas karbon dan salah satunya dengan mengembangkan ide dan inovasi terpilih dari para partisipan TEY. Walaupun tantangan masa depan lebih berat, di TEY ini diharapkan dapat memacu semangat kaum muda dalam menemukan ide-ide inovatif dan dapat diterima semua kalangan. Diharapkan kontribusi masyarakat yang ingin melestarikan lingkungan dengan caranya masing-masing dapat meningkat,” kata Henry Tanoto.

Pada Kick Off TEY ke-13, hadir para pembicara dari penggiat netralitas karbon di kalangan generasi muda, yaitu Swietenia Puspa Sari dan Zidane Nur Adha. Mereka berdiskusi mengenai tantangan perubahan iklim global yang dihadapi, serta aktivitas apa yang bisa diambil untuk berkontribusi terhadap lingkungan sekitar.

Topik Menarik