Serunya Nobar Indonesia U-23 Vs Uzbekistan di Semarang, meski Kalah Suporter Tak Henti Bersorak

Serunya Nobar Indonesia U-23 Vs Uzbekistan di Semarang, meski Kalah Suporter Tak Henti Bersorak

Terkini | inews | Selasa, 30 April 2024 - 07:11
share

SEMARANG, iNews.id - Timnas Indonesia U-23 telah menjalani laga melawan Uzbekistan di babak semifinal Piala Asia U-23, Senin (29/4/2024) malam. Meski tim Garuda muda kalah, tak menyurutkan para suporter untuk terus mendukungnya.

Animo itu terlihat di salah satu lokasi nonton bareng (nobar) di Kafe Setos, Kompleks Hotel MG Setos, Jalan Gajahmada, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang.

Pada gelaran nobar gratis itu para suporter timnas tak henti-hentinya bersorak. Tak sedikit yang membawa syal bertuliskan Indonesia. Mereka membentangkannya selama laga berjalan. Tak ayal suasana kafe malam itu penuh sesak, penonton yang datang mengenakan kaos warna merah atau hitam kebanggaan timnas.

Saat Muhammad Ferarri mencetak gol di menit 61, sontak suporter berteriak keras, termasuk MC acara nobar Rachman Polalo. Namun, euforia tak berlangsung lama setelah gol itu dianulir wasit VAR. Alhasil hal itu membuat penonton kecewa.

Tak henti-hentinya penonton protes dengan kepemimpinan wasit asal China Shen Yinhao. Meski akhirnya Uzbekistan berhasil melaju ke final setelah mencetak 2 gol tanpa balas, penonton tetap memberikan tepuk tangan panjang begitu peluit tanda berakhirnya pertandingan ditiup. Semangatnya tidak luntur.

Saya selalu gelar nobar di sini, rencananya kalau menang masuk final mau buat di luar, tapi ini kalah ya nobar nanti (perebutan juara 3) di sini lagi (di kafe), ujar Dewi Susilo Budiharjo penyelenggara acara nobar Timnas Indonesia U-23, Senin (29/4/2024).

Tokoh Tionghoa Kota Semarang itu mengenakan jersey timnas warna hitam. Tak henti-hentinya, Dewi terlihat bangkit dari tempat duduk meneriakkan dukungan kepada timnas.

Sementara suasana di Kota Semarang malam itu juga dipenuhi suporter timnas. Di Balai Kota Semarang, misalnya, juga dipadati ribuan orang yang nobar bersama Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu. Di Gedung Gradhika Bhakti Praja Gubernuran, Jalan Pahlawan, digelar nobar bersama Pj. Gubernur Jateng Nana Sudjana. Tempatnya di dalam gedung, lesehan.

Sementara di Bundaran Simpanglima, Kota Semarang, tepatnya di videotron Pos Patwal Satuan Lalu Lintas Polrestabes Semarang juga menyiarkan nobar. Warga bersepeda motor rata-rata yang menontonnya, memarkir motor sembari duduk di atasnya menonton pertandingan.

Ribuan suporter juga berkumpul di Mapolda Jateng tempat digelarnya nobar. Di Jalan Pahlawan, tampak motor mereka parkir di sepanjang Jalan Pahlawan. Sejumlah polisi tampak terus mengatur arus lalu lintas agar tak menimbulkan macet.

Pada acara yang dihadiri Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi lengkap dengan Wakapolda Brigjen Pol Agus Suryonugroho dan pejabat utama Polda Jateng itu juga dihadiri Erna Yuli Lestari (57) Ibunda Ernando, kiper timnas.

Banyak yang mengajak saya nonton bareng, kenapa memilih di sini (Polda Jateng), karena yang duluan ngajak saya, kata Erna di Mapolda Jateng.

Selain itu, Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto juga menyebutkan gelaran nobar di Polres Blora juga dihadiri keluarga pemain timnas Pratama Arhan.

Kedua orang tua dan adik-adik Pratama Arhan berada di Aula Polres Blora, menonton bareng pertandingan AFF U-23, kata Kombes Satake.

Sementara Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menyebut dukungan kepada timnas diberikan penuh.

Semua Polres di Jateng gelar nobar, selain juga di sini (Mapolda Jateng), kata Irjen Luthfi.

Sementara itu, MNC Media Group terus mendukung sepakbola Indonesia dengan cara menyediakan tayangan siaran langsung gratis serta mempersilakan nobar non-komersial seperti yang digelar di lokasi liputan nobar.

Topik Menarik