4 Cara Cek HP OPPO Asli atau Palsu, Solusi Terhindar dari Penipuan

4 Cara Cek HP OPPO Asli atau Palsu, Solusi Terhindar dari Penipuan

Terkini | inews | Selasa, 30 April 2024 - 06:24
share

JAKARTA, iNews.id - Cara cek HP OPPO asli dan palsu menjadi informasi yang perlu disimak. HP Android dengan merek OPPO palsu memang tengah banyak beredar di pasaran.

Meskipun dibanderol dengan harga yang lebih murah, kualitasnya tentu akan jauh berbeda dengan yang asli. Adanya HP palsu ini tentu merugikan konsumen dan mencemari kredibilitas OPPO.

Maka dari itu, cara cek HP OPPO asli atau palsu berikut ini, seperti dilansir iNews.id dari berbagai sumber, Senin (29/4/2024), bisa diterapkan.

Cara Cek HP OPPO Asli atau Palsu

1. Cek harga

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam membeli HP OPPO adalah dengan mengetahui harganya. Jika harga yang ditawarkan sangat jauh di bawah harga HP dari toko atau situs resmi OPPO, maka Anda patut mencurigainya.

2. Cek spesifikasi

Pada situs resmi OPPO, akan dijelaskan berbagai spesifikasi setiap tipe HP OPPO. Jika spesifikasi pada HP yang dibeli berbeda dengan yang tertera di situs resmi, maka bisa dipastikan bahwa HP OPPO tersebut palsu.

3. Cek IMEI

IMEI merupakan identitas tiap unit perangkat handphone, yang berbasis subscriber identification module. Identitas ini menunjukkan keaslian sebuah ponsel.

Car mengeceknya adalah dengan mengakses menu Status pada Pengaturan di opsi About Device atau dial *#06# atau *#66# pada menu panggilan. Jika sudah menemukan IMEI yang terdiri dari 15 digit, cek keasliannya pada situs https://support.oppo.com/en/warranty-check/.

4. Cek dengan Kode Engineer Mode

Kode Engineer Mode adalah kode yang berisi sejumlah pilihan testing driver. Dengan kata lain, kode ini akan menampilkan hasil uji hardware, konektivitas, baterai telepon, dan lain sebagainya.

Untuk mengeceknya, pengguna dapat mengakses kode dial *#800# di panggilan. Setelah itu, periksa komponen yang rusak.

Jika membeli baru tetapi terdapat komponen yang rusak, bisa dipastikan HP tersebut palsu.

Itulah cara cek HP OPPO asli atau palsu. Untuk berjaga-jaga, Anda sebaiknya membeli HP OPPO di toko resmi atau distributor terpercaya agar terhindar dari HP imitasi atau penipuan.

Topik Menarik