Gempa Garut, KCIC Jamin Infrastruktur Whoosh Tahan hingga Magnitudo 8

Gempa Garut, KCIC Jamin Infrastruktur Whoosh Tahan hingga Magnitudo 8

Ekonomi | inews | Minggu, 28 April 2024 - 21:52
share

JAKARTA, iNews.id - PT KCIC memastikan operasional Kereta Cepat Whoosh pada Minggu (28/4) tetap normal imbas gempa berkekuatan magnitudo 6,5. Diketahui, gempa tersebut berpusat di Garut, Jawa Barat dan terasa hingga Jabotabek.

Menurut Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa gempa tidak berdampak pada infrastruktur Kereta Cepat Whoosh. Sebab, struktur prasarana Kereta Cepat Whoosh dirancang tahan gempa hingga kekuatan magnitudo 8.

Pascagempa PT KCIC juga telah memeriksa seluruh stasiun, jalur, serta fasilitas penunjang operasional Kereta Cepat Whoosh. Pemeriksaan tersebut berlangsung mulai pukul 00.30 WIB - pukul 03.00 WIB.

Berdasarkan pemeriksaan, seluruh kondisi prasarana untuk operasional dinyatakan aman dan tidak terdapat kerusakan apa pun. Sehingga pada hari ini Kereta Cepat Whoosh tetap melayani penumpang sesuai dengan jadwal sejak keberangkatan kereta pertama.

"Masyarakat pengguna Kereta Cepat Whoosh tidak perlu khawatir. Tidak ada perubahan jadwal perjalanan Kereta Cepat Whoosh pada Minggu, 28 April 2024" tutur Eva dikutip Minggu (28/4).

Sebelumnya saat gempa terjadi sekitar pukul 23.30 WIB, sensor yang dapat terdapat di infrastruktur Kereta Cepat Whoosh untuk membaca situasi darurat langsung memberikan sinyal. Tidak ada aktivitas operasional perjalanan Kereta Cepat Whoosh pada jam tersebut.

Setelah mendapatkan informasi melalui sensor darurat, protokol pemeriksaan jalur dan fasilitas lainnya langsung dijalankan. Sejak dibangun, seluruh bangunan dan fasilitas penunjang operasional Kereta Cepat Whoosh dirancang dengan teknologi tinggi.

Tidak hanya tahan gempa hingga kekuatan magnitudo 8, seluruh bangunan didesain untuk pemakaian hingga seratus tahun ke depan.

Saat gempa tadi malam, sensor sudah mendeteksi. Sehingga kami langsung menjalankan protokol untuk antisipasi, kata Eva.

Topik Menarik