Gempa Garut Terasa hingga ke Bogor, BPBD: Tak Ada Laporan Bangunan Rusak

Gempa Garut Terasa hingga ke Bogor, BPBD: Tak Ada Laporan Bangunan Rusak

Berita Utama | inews | Minggu, 28 April 2024 - 15:10
share

BOGOR, iNews.id - Gempa Garut Magnitudo 6,5 terasa hingga ke Bogor. Getaran terasa di Bogor Timur, Bogor Tengah, Bogor Selatan, Bogor Barat, Bogor Utara dan Tanah Sareal.

Kendati demikian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor belum menerima laporan ada bangunan rusak akibat getaran gempa.

"Saat ini nihil laporan masuk dampak gempa," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor Hidayatulloh, Minggu (28/4/2024).

Hal senada disampaikan Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, M. Adam. Dia tak mendapat laporan rumah rusak.

"Belum ada laporan rumah terdampak akibat gempa Garut. Namun, sampai saat ini kami masih melaksanakan pemantauan, demikian info sementara yang bisa disampaikan," ucap Adam.

Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,5 yang berpusat di Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Sabtu (27/4/2024) malam terasa hingga ke banyak daerah. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menjelaskan kenapa hal itu bisa terjadi.

Dwikorita memaparkan, hal tersebut disebabkan titik gempa berpusat di kedalaman 70 kilometer. Dengan kedalaman tersebut, membuat sebaran getaran akan semakin luas.

"Hal ini mengakibatkan radiasi atau sebaran gelombang gempa ini, sebaran getarannya ini memang akan terasa semakin luas. Jadi semakin dalam itu terasa semakin luas," kata Dwikorita kepada iNews Media Group, Minggu (28/4/2024).

Sebaliknya, semakin dangkal pusat gempa tersebut, maka potensi getaran ke sejumlah wilayah lainnya akan semakin kecil.

"Kalau semakin dangkal, itu lebih lokal dampak getarannya, tapi relatif lebih merusak, karena lebih dekat dengan sumber gempa meskipun magnitudonya tidak sekuat yang terjadi kemarin," ujarnya.

"Kalau dalam seperti kemarin ini, spektrumnya, radiasi dari gelombang gempa ini akan lebih luas, hingga mencapai Jawa Timur juga," kata dia.

Gempa bumi ini diketahui dirasakan di sejumlah wilayah lainnya di antaranya Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Sumedang.

Topik Menarik