Bea Cukai Banyak Kena Hujat dan Viral, Sri Mulyani Minta Kinerja Layanan Diperbaiki

Bea Cukai Banyak Kena Hujat dan Viral, Sri Mulyani Minta Kinerja Layanan Diperbaiki

Berita Utama | inews | Minggu, 28 April 2024 - 11:00
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani meminta Bea Cukai untuk memperbaiki layanan kinerja mereka. Bagaimana tidak, nama Bea Cukai menjadi pembicaraan sejak beberapa waktu karena kasus viral.

Misalnya, pengenaan pajak Rp31 juta untuk sepatu seharga Rp10 juta hingga pengenaan pajak untuk alat belajar untuk SLB. Maka dari itu, ia meminta Bea Cukai aktif memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Arahan saya jelas, saya minta Bea Cukai terus melakukan perbaikan layanan dan proaktif memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai kebijakan-kebijakan dari berbagai K/L yang harus dilaksanakan oleh BC sesuai mandat UU, yaitu sebagai border protection, revenue collector, trade facilitator, dan industrial assistance,” katanya dikutip dari Instagramnya, Minggu (28/4/2024).

Tak cuma itu, Sri Mulyani mewanti-wanti agar Bea Cukai mau bekerja sama dengan para stakeholdees terkait agar pelayanan bisa berjalan efektif dan cepat. Ia pun berterima kasih kasih atas masukan yang diberikan masyarakat.

“Saya juga meminta BC untuk bekerjasama dengan para stakeholders terkait agar dalam pelayanan dan penanganan masalah di lapangan dapat berjalan cepat, tepat, efektif sehingga memberikan kepastian kepada masyarakat,” ucap dia.

“Saya mengapresiasi dan berterimakasih kepada semua pihak yang telah dan terus membantu memberikan masukan maupun dukungan lain agar pelayanan dan kinerja Bea Cukai dan Kemenkeu terus membaik,” tuturnya.

Topik Menarik