Polisi Tangkap 700 Demonstran Pendukung Palestina di Kampus-Kampus AS

Polisi Tangkap 700 Demonstran Pendukung Palestina di Kampus-Kampus AS

Berita Utama | inews | Minggu, 28 April 2024 - 08:59
share

WASHINGTON DC, iNews.id - Lebih dari 700 pengunjuk rasa yang memprotes perang Israel di Gaza telah ditangkapi selama demonstrasi yang terjadi di kampus-kampus di seluruh Amerika Serikat sejak pertengahan April. Jumlah tersebut diperoleh menurut perkiraan media AS.

Belakangan ini, semakin banyak mahasiswa AS yang marah dengan dukungan Washington DC terhadap tindakan brutal Israel di Gaza. Sementara bencana kemanusiaan terus terjadi di daerah kantong Palestina yang terkepung itu.

The New York Times melaporkan, gelombang baru aktivisme mahasiswa AS dipicu oleh penangkapan sedikitnya 108 pengunjuk rasa di Universitas Columbia di New York pada pekan lalu. Aparat kepolisian dan pengelola kampus juga terlibat bentrokan dengan para aktivis mahasiswa di beberapa negara bagian dalam beberapa hari terakhir.

Sejak 17 April, 44 mahasiswa telah ditangkap di kampus Universitas Yale di New Haven, Connecticut; 93 mahasiswa ditahan di University of Southern California di Los Angeles, dan; 118 mahasiswa ditangkap di Universitas Emerson di Boston. Berikutnya, sebanyak 102 mahasiswa ditahan di Universitas Northeastern di Boston; 69 mahasiswa ditangkap di Arizona State University di Tempe.

Selain itu, masih ada lagi penangkapan pendemo pro-Palestina oleh aparat AS di tempat-tempat lainnya.

Topik Menarik