Pelaku Ganjal ATM di Tangsel Ditangkap, Sudah Beraksi 7 Kali

Pelaku Ganjal ATM di Tangsel Ditangkap, Sudah Beraksi 7 Kali

Terkini | inews | Sabtu, 27 April 2024 - 22:39
share

JAKARTA, iNews.id - Polisi menangkap A (32), pelaku pencurian dengan pemberatan (curat) modus ganjal ATM di Ciputat Timur, Tangerang Selatan (Tangsel). Pelaku sudah beraksi tujuh kali di berbagai daerah.

Kapolsek Ciputat Timur, Kompol Kemas Arifin menyebutkan A melancarkan aksinya bersama dua rekannya berinisial AS dan AI. Kedua rekan A berhasil melarikan diri dan tengah diburu.

Tersangka A diamankan saat melakukan aksinya bersama dua rekannya yang masih DPO di ATM Bank BRI depan Rumah Sakit UIN pada Jumat 19 April 2024 kata Kemas dalam keterangannya, Sabtu (27/4/2024).

Kemas mengatakan, peristiwa bermula saat pelapor berinisial WR ingin mengambil uang di ATM Bank BRI di depan Rumah Sakit UIN. Akan tetapi, ATM miliknya tidak bisa digunakan setelah dimasukkan ke mesin.

Kemudian pelaku A mendatangi ATM dan berpura-pura mengarahkan korban untuk mencet tombol bintang, pagar, password dan enter dengan tujuan agar AS bisa melihat pin yang dipencet korban, ujarnya.

Kemudian pelaku A juga datang ke ATM dengan pura-pura akan mengambil uang tanpa menggunakan kartu. Tujuan untuk mengambil kartu ATM milik korban.

Setelah korban keluar dari tempat mesin ATM, kata Kemas, pelaku masuk ke dalam dan mengambil kartu milik korban. Setelah itu, A keluar dari ATM dan menyimpan kartu korban di balik HP yang dipegang.

Kemudian korban kembali masuk ke dalam mesin ATM BRI dan melihat kartu ATM-nya sudah tidak ada. Lalu korban mengejar pelaku A dan menanyakan kartu ATM-nya dan pelaku bilang ATM-nya masih ada di dalam mesin, ungkapnya.

Kemudian pelaku A mau masuk ke dalam mobil Avanza warna hitam yang kendarai oleh para pelaku, namun pelaku A berhasil ditarik dan diamankan oleh korban dengan dibantu oleh warga, namun pelaku lainnya yang mengendarai mobil berhasil melarikan diri, sambung dia.

Kepada polisi, kata Kemas, A mengaku telah melancarkan aksinya sebanyak 7 kali di wilayah Cilegon, Banten dan Pamulang, Tangsel.

Pengakuan dari (pelaku) A, yang bersangkutan bersama dua rekannya yang masih DPO telah melakukan aksi modus ganjal ATM sebanyak tujuh kali di wilayah Cilegon, Pamulang dan wilayah Polsek Ciputat Timur jelasnya.

Topik Menarik