Akses Jalan Siap Dibangun, Stasiun Kereta Cepat Karawang Ditargetkan Beroperasi 2025

Akses Jalan Siap Dibangun, Stasiun Kereta Cepat Karawang Ditargetkan Beroperasi 2025

Ekonomi | inews | Jum'at, 26 April 2024 - 14:10
share

KARAWANG, iNews.id - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menargetkan stasiun Karawang beroperasi mulai tahun 2025 mendatang. Hal ini sambil menunggu akses jalan ke stasiun rampung dibangun. 

General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa menuturkan, dari sisi konstruksi, stasiun Karawang sudah rampung dibangun, dan sudah siap untuk melayani penumpang. Namun dari sisi aksesibilitas hingga saat ini tengah dibangun baik oleh Pemerintah maupun oleh KCIC.

"Semua fungsi operasional sudah berjalan, hanya fungsi untuk melayani penumpang yang belum kita lakukan," ujar Eva di Stasiun KCIC Karawang, Jumat (26/4/2024).

Stasiun Kereta Cepat Karawang sudah rampung dibangun. (Foto: Iqbal Dwi Purnama)
Stasiun Kereta Cepat Karawang sudah rampung dibangun. (Foto: Iqbal Dwi Purnama)

Eva menambahkan, nantinya akan ada tiga akses jalan menuju Stasiun Kereta Cepat Karawang. Pertama, tersambung dengan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) mulai dari KM 42, Jalan Akses Kawasan Trans Heksa Karawang (THK), dan Jalan akses dari Kota Deltamas. 

Adapun jalan akses melalui Tol Japek, akan dibangun oleh Kementerian PUPR dan PT Jasa Marga (Persero), sementara Akses Kawasan THK dan Kota Deltamas akan dikerjasamakan oleh KCIC. Alokasi lahan diberikan oleh Deltamas dan pengelola kawasan THK, sedangkan konstruksi akan dibangun KCIC.

"Kita berharap tahun depan sudah bisa beroperasi Stasiun Karawang. Nanti kita infokan lagi (bulannya) karena pasti nanti bisa jadi lebih cepat ataupun bisa terlambat sedikit," tuturnya.

Lebih lanjut, Eva menuturkan bahwa saat ini proses pembebasan lahan untuk pembangunan akses dari Kawasan THK dan Kota Deltamas sudah mencapai 80 persen. Sebab, mayoritas lahan sudah dalam penguasaan masing-masing penguasaan, hanya tersisa beberapa unit rumah yang saat ini masih bersengketa.

Dia optimistis, dengan kehadiran tiga jalan akses tersebut mampu mendongkrak jumlah penumpang Kereta Cepat Whoosh secara akumulatif. Mengingat, lokasi stasiun tersebut memiliki posisi yang cukup strategis yang menghubungkan masyarakat dari Kota Deltamas maupun yang berada di Kawasan THK serta kawasan wisata di Karawang. 

"Pertumbuhan sektor pariwisata kalau kita melihat juga cukup besar di Karawang. Mudah-mudahan dengan adanya Stasiun Karawang ini itu bisa berpotensi menumbuhkan jumlah volume penumpang di KCIC, kita harapkan bisa lebih dari 30 persen," ucap Eva. 

Topik Menarik