Ini Alasan Heerenveen Izinkan Nathan Tjoe A On Gabung Timnas Indonesia, Singgung Pentingnya Piala Asia U-23 2024

Ini Alasan Heerenveen Izinkan Nathan Tjoe A On Gabung Timnas Indonesia, Singgung Pentingnya Piala Asia U-23 2024

Olahraga | inews | Kamis, 25 April 2024 - 17:35
share

HEERENVEEN, iNews.id- Pelatih SC Heerenveen, Kees van Wonderen mengungkapkan alasan mengizinkan Nathan Tjoe-A-On bergabung dengan Timnas Indonesia U-23 di perempat final Piala Asia U-23 2024. Menurutnya, Nathana akan lebih berkembang jika main di Timnas Indonesia.

Nathan Tjoe-A-On sempat kembali ke Belanda usai membantu Timnas Indonesia U-23 meraih kemenangan 4-1 atas Yordania di laga ketiga Grup A Piala Asia U-23 2024. Pasalnya, SC Heerenveen hanya memberikan izin Nathan Tjoe-A-On membela Timnas Indonesia U-23 di fase grup.

Namun usai dipastikan lolos ke babak perempat final, PSSI pun melobi SC Heerenveen untuk mengizinkan Nathan Tjoe-A-On untuk bermain menghadapi Korea Selatan. Sementara Pride of Friesland Trots van het Noorden -julukan SC Heerenveen- memberikan lampu hijau untuk Nathan Tjoe-A-On kembali bermain bersama Timnas Indonesia U-23.

Sementara Kees van Wonderen mengakui SC Heerenveen membutuhkan poin saat menghadapi PSV Eindhoven demi lolos ke babak play-off kompetisi Eropa musim depan. Namun, ia menjelaskan Nathan Tjoe-A-On didatangkan SC Heerenveen untuk menambah kekuatan, tetapi persaingan mengisi posisi bek kiri cukup sulit dengan adanya Mats Kohlert.

“Kami sebenarnya harus mendapatkan satu poin atau lebih melawan PSV agar punya peluang lolos ke babak play-off sepak bola Eropa,” kata Kees van Wonderen dikutip dari Fean Online, Kamis (25/4/2024).

"Ini pertandingan penting. Itu berlaku bagi PSV, tapi juga bagi kami. Kami ingin menjadikan ini pertarungan sepak bola, di mana kami bisa mengimbangi banyak hal dengan semangat tim," tuturnya.

“Kami mendatangkan Nathan selama liburan musim dingin karena kami ingin bala bantuan di belakang Mats Köhlert di posisi itu (bek kiri),” jelasnya.

Kees van Wonderen telah mengambil keputusan dengan memberikan izin Nathan Tjoe-A-On untuk bermain bersama Timnas Indonesia U-23. Menurutnya Nathan Tjoe-A-On bisa mendapatkan kesempatan bermain dibandingkan hanya duduk dibangku cadangan saat SC Heerenveen menghadapi PSV Eindhoven.

"Di sisi lain kita tidak bisa membayangkan betapa besarnya sepak bola dan turnamen di negara itu (Indonesia). Mungkin Nathan berada di bangku cadangan bersama kami selama 90 menit melawan PSV, sementara dia bisa mendapatkan pengalaman yang luar biasa di Indonesia. Itulah pertimbangan yang kami buat", pungkasnya.

Timnas Indonesia U-23 tengah mencoba untuk mendapatkan satu tempat di Olimpiade Paris 2024. Namun, tim besutan Shin Tae-yong itu harus terlebih dahulu menyingkirkan Korea Selatan di babak perempat final yang berlangsung di Abdullah bin Nasser bin Khalifa Stadium, Jumat (26/4/2024) dini hari WIB.

Topik Menarik