Israel Disebut Tembakkan 3 Rudal Balistik ke Iran, tapi 1 Malah Jatuh dekat Baghdad

Israel Disebut Tembakkan 3 Rudal Balistik ke Iran, tapi 1 Malah Jatuh dekat Baghdad

Berita Utama | inews | Sabtu, 20 April 2024 - 14:35
share

WASHINGTON DC, iNews.id Israel disebut-sebut menembakkan tiga rudal balistik yang diluncurkan dari udara saat melakukan serangan balasan terhadap Iran pada Jumat (19/4/2024) dini hari. Hal itu diungkapkan NBC News dengan mengutip para pejabat yang mengetahui operasi zionis tersebut.

Akan tetapi, para pejabat itu menolak laporan yang menyebut Israel juga menyerang Pangkalan Militer Kalsu di dekat Baghdad, Irak, pada Jumat malam. Walau bagaimanapun, bagian rudal yang ditemukan di Irak masih terkait dengan serangan Israel terhadap Iran.

Para pejabat itu mengatakan, bagian dari rudal Israel yang ditembakkan ke Iran jatuh tepat di luar Baghdad, ketika rudal tersebut terpisah usai diluncurkan. Tidak terjadi ledakan, hanya sebagian badan rudal tersebut yang jatuh dari langit.

Media AS sebelumnya melaporkan bahwa Israel pada melakukan serangan balasan secara terbatas terhadap sejumlah lokasi di Iran. Ledakan dilaporkan terjadi di dekat Lota Isfahan.

Kantor berita negara Iran, IRIB, melaporkan bahwa di sejumlah provinsi di negara itu, sistem pertahanan udara merespons kedatangan drone Israel. Sementara kantor berita Tasnim menyebut fasilitas nuklir Iran di Provinsi Isfahan sepenuhnya aman.

Tiga pejabat Iran mengonfirmasi kepada New York Times bahwa serangan tersebut menyasar pangkalan Angkatan Udara Iran di dekat Isfahan.

Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amirabdollahian, sebelumnya mengatakan tidak ada rudal yang ditembakkan Israel ke negaranya, Jumat kemarin. Yang ada, menurut dia, hanya sejumlah drone. Dia pun memastikan drone-drone itu ditembak jatuh di Isfahan dan tidak menimbulkan kerusakan apa pun. Dia lantas menuduh berbagai media pro-Israel berusaha membesar-besarkan dampak serangan zionis itu.

Serangan itu terjadi hampir sepekan setelah Iran melancarkan serangan drone dan rudal besar-besaran ke Israel sebagai tanggapan atas serangan udara Israel terhadap kompleks Kedutaan Besar Iran di Damaskus, Suriah, pada awal April lalu.

Topik Menarik