Pejabat AS Kesal, Joe Biden Tetap Setia Buta ke Israel meski Terus Dilangkahi soal Iran

Pejabat AS Kesal, Joe Biden Tetap Setia Buta ke Israel meski Terus Dilangkahi soal Iran

Terkini | inews | Sabtu, 20 April 2024 - 06:41
share

WASHINGTON DC, iNews.id - Amerika Serikat disebut telah memohon-mohon kepada Israel agar tidak melakukan serangan balik terhadap Iran pada Jumat (19/4/2024) dini hari kemarin. Akan tetapi, Tel Aviv tetap ngotot melakukannya.

Seorang pejabat AS mengatakan, keputusan Israel untuk mengabaikan Washington DC itu adalah tren yang memalukan. Sebelumnya, rezin zionis itu juga mengambil tindakan sendiri menyerang Konsulat Iran di Suriah, tanpa berkonsultasi lebih dulu dengan AS.

AS telah memohon kepada (Israel) untuk tidak melakukannya (membalas Iran), dan secara harfiah tidak ada seorang pun dari Pentagon (Departemen Pertahanan AS), Angkatan Bersenjata AS, CIA, hingga komunitas intel yang menganggap ini adalah hal yang baik, kata pejabat itu seperti dikutip Politico pada Jumat.

Pada titik ini, sungguh memalukan betapa Israel tidak mendengarkan kami, namun hal ini tidak menghalangi Presiden Biden untuk tetap setia buta, ujarnya.

Menurut Politico, sikap diam Amerika Serikat atas serangan Israel terhadap Iran adalah bagian dari upaya untuk meredakan ketegangan di Timur Tengah antara Israel dan Iran. Sementara Sekretaris Pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre menolak mengomentari masalah ini pada konferensi pers sebelumnya.

Begitu pula Pentagon dan Komando Pusat AS, juga menolak berkomentar saat dimintai tanggapan oleh kantor berita Sputnik mengenai masalah ini.

Satu-satunya komentar datang dari Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken. Dia hanya menegaskan bahwa negaranya tidak terlibat dalam serangan Israel kemarin.

Sebelumnya pada Jumat, Israel melancarkan serangan udara terhadap Iran sebagai tanggapan atas serangan rudal dan drone Teheran pada akhir pekan lalu. Ledakan dilaporkan terjadi di dekat Kota Isfahan.

Sistem pertahanan udara Iran merespons kehadiran drone Israel di sejumlah provinsi. Tiga pejabat Iran mengatakan kepada The New York Times bahwa sasaran serangan itu adalah pangkalan udara dekat Isfahan.

Drone Israel yang ditembak jatuh di atas Kota Isfahan oleh pertahanan udara Iran dan tidak menimbulkan kerusakan. Namun media pro-Israel berusaha membesar-besarkan dampak serangan drone tersebut, kata Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian.

Topik Menarik