Kilat Petir Muncul saat Gunung Ruang Erupsi, Ini Penjelasan PVMBG

Kilat Petir Muncul saat Gunung Ruang Erupsi, Ini Penjelasan PVMBG

Terkini | inews | Jum'at, 19 April 2024 - 07:30
share

JAKARTA, iNews.id - Video yang menampilkan kilat petir saat erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara (Sulut), viral di media sosial. Momen tersebut direkam oleh masyarakat dari Pulau Tagulandang.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menjelaskan, kilat petir tersebut muncul sebagai manifestasi pelepasan muatan listrik akibat proses erupsi.

Petir vulkanik ini adalah manifestasi dari pelepasan muatan listrik yang disebabkan oleh proses erupsi, bukan dari faktor klimatologis biasa, tulis PVMBG lewat akun media sosial resminya, Kamis (18/4/2024).

PVMBG menjelaskan petir vulkanik dapat terjadi karena adanya tumbukan dari partikel-partikel materiel yang terfragmentasi dalam jumlah signifikan saat erupsi eksplosif. Fenomena itu kemudian menghasilkan listrik statis.

Oleh karena itu kita biasanya melihat petir vulkanik ini berada di dalam atau sekitar kolom letusan, tulis PVMBG.

Diketahui, Gunung Ruang memiliki ketinggian puncak 725 meter di atas permukaan laut. Gunung Ruang berada di Pulau Ruang yang memiliki dua kampung, yakni Kampung Limpatehe dan Kampung Pumpente.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan seluruh penduduk yang berada di sekitar Gunung Ruang telah dievakuasi ke tempat yang aman dari bahaya erupsi dan awan panas.

Topik Menarik